PREVIEW Liga Primer Inggris: Bournemouth – Chelsea

Jika tiada aral melintang, Chelsea bakal mendulang poin penuh dari Dean Court untuk terus melangkah menuju tangga juara.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Enam kemenangan lagi, maka gelar juara Liga Primer Inggris musim ini secara matematis akan menjadi milik Chelsea. Satu dari enam kemenangan itu sepertinya bakal tidak terlalu sulit untuk digapai ketika The Blues bertandang ke markas Bournemouth, Sabtu (8/4) malam WIB.

Setidaknya, tiga poin kontra Bournemouth itu bakal lebih mudah diraih ketimbang di laga terakhir tengah pekan lalu ketika Chelsea harus susah payah menundukkan tim kuat Manchester City 2-1.

Hasil itu membuat Chelsea masih duduk nyaman di puncak klasemen dengan keunggulan tujuh poin dari pesaing terdekat Tottenham Hotspur. Namun manajer Antonio Conte mewanti-wanti bahwa Tottenham sangat berpotensi menggoyang posisi Chelsea sewaktu-waktu, termasuk di pekan ini.

SIMAK JUGA: Conte: Pantang Abaikan Tottenham

Partai tandang kontra Bournemouth ini akan berlangsung beberapa jam setelah Tottenham selesai bertanding melawan Watford. Artinya, jika Spurs menang, gap akan menipis menjadi empat poin sehingga Conte dan pasukannya bakal mendapat tekanan tambahan jelang kick-off di Dean Court.

“Bagi saya, yang terpenting adalah fokus pada diri sendiri. Tetapi kami juga harus berpikir bahwa Tottenham bisa memenangi seluruh laga sisa. Oleh karena itu, kami masih membutuhkan 18 poin untuk menjadi juara,” ungkap Conte kepada BT Sport.

Conte juga harus mewaspadai performa terkini Bournemouth yang tidak terkalahkan sejak awal Maret dan mampu menang beruntun di dua laga kandang terakhir. Dalam periode itu, armada Eddie Howe juga sukses menahan imbang tim-tim besar seperti Manchester United (1-1) dan yang terbaru Liverpool (2-2) pada tengah pekan lalu.

Josh King Bournemouth Premier LeagueJoshua King berpotensi jadi ancaman terbesar buat Chelsea.

Itu belum ditambah dengan ancaman yang siap ditebar oleh bintang utama The Cherries, Joshua King. Tampil sebagai penyerang lubang, King mampu tampil produktif dengan sukses mengemas sembilan gol dari sepuluh penampilan terakhirnya.

Chelsea, yang di laga ini masih tanpa diperkuat Victor Moses, tentu wajib membatasi ruang gerak King. Cesar Azpilicueta kemungkinan besar bakal kembali menempati posisi wing-back kanan yang ditinggalkan Moses. Sementara satu slot bek tengah bakal diperebutkan Kurt Zouma, John Terry, atau Nathan Ake, yang di paruh pertama musim ini dipinjamkan ke Bournemouth.

Diego Costa belakangan ini mulai disentil lantaran nihil gol dalam empat laga terakhir. Namun, Conte barangkali lebih mencemaskan situasi lini belakang mereka. Fakta menunjukkan, gawang Thibaut Courtois tidak pernah steril sejak Januari lalu atau saat Chelsea menekuk Hull City 2-0. Itulah terakhir kali Chelsea mencatatkan clean sheet di Liga Primer.

Bournemouth juga punya permasalahan sendiri. Meski tengah dalam performa positif, Jack Wilshere dkk. belum aman dari ancaman degradasi yang hanya berjarak tujuh poin di bawah mereka. Setiap poin di tujuh laga tersisa akan sangat berarti. Tentu saja mereka tidak akan sungkan untuk mendulang poin saat menjamu Chelsea.

 

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN:

Chelsea (3-4-3): Courtois; Zouma, Luiz, Cahill; Azpilicueta, Matic, Kante, Alonso; Hazard, Costa, Willian.

Bournemouth (4-4-1-1): Boruc; Smith, Cook, Francis, Daniels; Fraser, Wilshere, Arter, Pugh; King; Afobe.

 

TAHUKAH ANDA?

  • Bournemouth kalah enam kali dari delapan laga kontra Chelsea di semua ajang (M2 S0 K6). Satu-satunya kemenangan kandang Bournemouth atas Chelsea terjadi pada September 1988.
  • Setelah menelan kekalahan 1-0 dari Bournemouth di Stamford Bridge pada Desember 2015, Chelsea membalasnya lewat dua kali kemenangan dengan total mencetak tujuh gol.
  • Chelsea di musim ini sudah mengemas 33 poin dari 15 partai tandang. Catatan itu menjadi yang terbaik ketiga dalam sejarah klub setelah musim 2004/05 (38 poin) dan musim 2003/04 (35 poin).
  • Eden Hazard mencetak tiga gol dalam tiga partai terakhir melawan Bournemouth.
  • Joshua King sudah mencetak 12 gol di EPL musim ini, jumlah ini dua kali lebih banyak ketimbang pencapaiannya di sepanjang musim lalu (6 gol). Sembilan gol di antaranya tercipta dalam sepuluh penampilan terakhir.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Bournemouth 0-2 Chelsea