PREVIEW Liga Europa: Manchester United – Anderlecht

Juara Liga Europa menjadi target United musim ini karena hal tersebut akan mengantar mereka lolos otomatis ke Liga Champions musim depan.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Manchester United menjadikan kemenangan sebagai harga mati saat menjamu Anderlecht di leg kedua babak delapan besar Liga Europa, Jumat (21/4) dini hari WIB nanti.

Tim arahan Jose Mourinho itu untuk saat ini memiliki keuntungan gol tandang menyusul hasil imbang 1-1 yang diraih di Belgia sepekan lalu, namun mereka dipastikan akan mengerahkan segalanya demi lolos ke semi-final sekaligus mendekatkan diri dengan trofi.

Seperti diketahui, juara Liga Europa dipastikan berhak mendapatkan satu tiket lolos otomatis ke ajang Liga Champions musim depan, dan hal tersebut menjadi motivasi ekstra bagi Setan Merah yang sampai sekarang masih terlempar di zona empat besar Liga Primer Inggris.

SIMAK JUGA: Sergio Romero Tak Menyesal Gabung Manchester United Sebagai Pelapis David De Gea

Untuk mewujudkan itu, fullback United Matteo Darmian meminta timnya fokus seperti saat mengalahkan Chelsea pada akhir pekan kemarin dan tidak menganggap enteng lawan. Ia mengatakan: “Kami sadar ini akan menjadi laga yang sulit namun kami bermain di kandang di depan suporter kami dan kami ingin melangkah ke babak semi-final Liga Europa,” kata Darmian di laman resmi United.  

“Jadi kami harus fokus, dengan sikap yang sama, ambisi yang sama dan saya pikir itu nantinya bisa menjadi malam yang bagus.  Kami harus mencoba untuk menang, yang mana adalah hal yang sangat penting.”

Sementara itu, Anderlecht diprediksi bisa mengejutkan tim tuan rumah, dan hal tersebut diyakini oleh mantan pelatih Aime Anthuenis. Kepada Anderlecht Online, Anthuenis menyatakan: “Kelolosan akan sulit untuk Anderlecht, namun bukannya tidak mungkin. United bermain di depan suporternya yang gila, sedangkan Anderlecht akan mengharapkan sebuah keajaiban,” tutupnya.

Di pertandingan nanti, United kehilangan Juan Mata, Chris Smalling dan Phil Jones akibat cedera, namun kapten Wayne Rooney dimungkinkan kembali meski dari bangku cadangan selagi Jesse Lingard diragukan ketersediaannya.

Adapun dari kubu lawan, Anderlecht kemungkinkan takkan diperkuat bek Andy Najar yang terganjal cedera.

Prakiraan Pemain

Manchester United: Romero; Valencia, Rojo, Bailly, Darmian; Herrera, Fellaini; Mkhitaryan, Pogba, Rashford; Ibrahimovic.

Anderlecht: Martinez; Appiah, Kara, Nuytinck, Obradovic; Dendoncker, Tielemans; Bruni, Stanciu, Acheampong; Teodorczyk.

TAHUKAH ANDA?

Kemenangan terbesar dalam sejarah United adalah ketika bertemu Anderlecht pada September 1956 silam, dengan mengalahkan mereka 10-0 di ajang penyisihan Piala Eropa.

United memenangkan semua empat pertandingan melawan klub Belgia (termasuk tiga kali vs. Anderlecht), dengan mencetak 21 gol dan hanya kebobolan dua kali.

Anderlecht tidak pernah dari 17 lawatannya ke markas klub Inggris (I2 K15), dengan mereka kebobolan di setiap pertandingan.

Jose Mourinho sukses memenangkan delapan pertandingan kandangnya di kompetisi Eropa sebagai manajer, dengan lima di antaranya diciptakan bersama United musim ini.

Anderlecht sukses mengemas gol di 11 laga tandang terakhirnya di Eropa sejak kalah 1-0 di Qarabag pada Oktober 2015.

United mengemas clean sheet di tiga laga kandang terakhirnya di Eropa. Catatan terlama sebelumnya terjadi pada 2008 (lima kali), ketika mereka menjuarai Liga Champions.

United lolos di lima dari enam pertemuan Eropa terakhirnya ketika bermain imbang di leg pertama di kandang lawan, dengan kegagalan tersebut hanya terjadi melawan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions pada 2013.

Empat dari lima gol Zlatan Ibrahimovic di Liga Europa musim ini ia cetak di Old Trafford.