PREVIEW Liga Europa: Anderlecht – Manchester United

Anderlecht bisa saja menjadi lawan menyulitkan, mengingat wakil Belgia itu memiliki catatan yang cukup mengesankan ketika bertemu Setan Merah.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Manchester United mencari hasil bagus saat bertandang ke markas Anderlecht untuk leg pertama babak delapan besar Liga Europa, Jumat (14/4) dini hari WIB.

Untuk pertandingan nanti, United harus waspada mengingat lawannya tersebut pernah mengalahkan mereka sebanyak dua kali dari dua pertemuan terakhirnya di Belgia, yakni pada 1968 dan 2000 silam.

Meski begitu, United juga memiliki catatan yang cukup mengesankan karena mereka pernah meraih kemenangan terbesarnya di Eropa dengan mengalahkan Anderlecht 10-0 pada 1956.

Adapun Liga Europa kini menjadi target utama pasukan Jose Mourinho di musim ini, itu setelah peluang mereka untuk finis empat besar di Liga Primer Inggris semakin sulit.

SIMAK JUGA: Apa Jadinya Jika Leicester City Juara Liga Champions & Manchester United Juara Liga Europa?

Fullback United Luke Shaw menilai timnya punya peluang besar untuk keluar sebagai yang terbaik di kompetisi kasta kedua Eropa musim ini. Dalam keterangannya, ia mengatakan: “Tiap laga sekarang berarti masif, namun yang Kamis [Jumat dini hari WIB] nanti terhitung besar,” ujarnya.  

“Kami harus memperlakukan tiap pertandingan di kompetisi tersebut seperti sebuah final. Kami ingin memenangkan turnamen tersebut.  

“Liga Europa adalah kompetisi besar untuk kita sekarang – itu adalah trofi dan itu memberi kami kelolosan ke Liga Champions. Dengan pemain yang kami miliki, kami bisa tak terhadang.”   

Sementara dari kubu lawan, persiapan mereka kurang maksimal seiring cedera yang menimpa penyerang andalan Lukasz Teodorczyk. Pemain yang di musim ini mengemas 28 gol itu mendapati cedera pada akhir pekan kemarin, dengan kondisinya perlu ditinjau hingga detik terakhir.

Untuk United, mereka kiranya sudah bisa menyambut Antonio Valencia dan David de Gea yang sebelumnya absen, namun nama terakhir diperkirakan takkan dimainkan dengan kiper Sergio Romero bakal mempertahankan posisinya untuk Liga Europa. Di samping itu, mereka juga takkan diperkuat Wayne Rooney yang ditinggal di Manchester setelah baru pulih dari cedera.

Prakiraan Pemain

Anderlehct: Martinez; Adjei, Kara, Spajic, Obradovic; Tielemans, Dendoncker, Stanciu; Chipciu, Teodorczyk, Hanni.

Manchester United: De Gea; Valencia, Rojo, Bailly, Shaw; Herrera, Fellaini; Mkhitaryan, Pogba, Rashford; Ibrahimovic.

TAHUKAH ANDA?

Anderlecht memenangkan dua laga kandang terakhirnya melawan Manchester United, menang 3-1 pada November 1968 dan 2-1 pada Oktober 2000.

Kemenangan terbesar dalam sejarah United adalah ketika bertemu Anderlecht pada September 1956 silam, dengan mengalahkan mereka 10-0 di ajang penyisihan Piala Eropa.

Jose Mourinho memenangkan dua pertemuan terakhirnya dengan Anderlecht sebagai manajer Chelsea pada babak grup Liga Champions 2005/06.

Ini adalah penampilan pertama Anderlecht di babak perempat-final kompetisi Eropa sejak Piala UEFA 1996/97 – mereka tereliminasi karena kalah agregat 3-2 dari Inter Milan.

United tersingkir dua kali dari tiga perjalanan terakhirnya di babak perempat-final kompetisi Eropa, kalah dari Bayern Munich di ajang Liga Champions pada 2009/10 dan 2013/14, selagi mereka mengalahkan Chelsea pada 2010/11.

Anderlecht selalu mencetak gol di 10 laga Liga Europa mereka musim ini, dengan mengemas total 21 gol. KRC Genk (22) adalah satu-satunya tim tersisa di kompetisi ini yang membukukan catatan gol lebih banyak.

Zlatan Ibrahimovic terlibat dalam terciptanya delapan gol di Liga Europa musim ini (5 gol, 3 assists), lebih dari pemain klub tersisa di kompetisi ini.

United membukukan lebih banyak clean sheet ketimbang tim lain di kompetisi Liga Europa musim ini (6).