PREVIEW Liga Champions: Leicester City – Atletico Madrid

Atletico Madrid hanya butuh hasil imbang untuk bisa menyingkirkan Leicester City.


OLEH    HAPPY SUSANTO     Ikuti di twitter


Leicester City berharap bisa mengejar defisit kekalahan 1-0 saat menjamu Atletico Madrid di leg kedua babak perempat-final Liga Champions di King Power Stadium, Rabu (19/4) dini hari WIB.

Antoine Griezmann mencetak satu-satunya gol yang terjadi di pertemuan pertama, yakni lewat tendangan penalti. Dengan keunggulan ini, Los Rojiblancos hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos. The Foxes masih memiliki peluang, namun harus menang minimal 2-0.

SIMAK JUGA – Saul Niguez Pertaruhkan Kesehatannya Demi Atletico Madrid

Leicester tanpa kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir dan semuanya terjadi di laga tandang, yakni imbang 2-2 lawan Crystal Palace, kalah 1-0 di tangan Atletico, dan kalah 4-2 dari Everton.

Leicester meraih kemenangan lima pertandingan landang di bawah asuhan Craig Shakespeare. Semua kemenangan itu ditandai dengan margin dua gol, sesuatu yang positif jelang laga kandang lawan Atletico. Ditambah, Leicester memenangi semua empat pertandingan kandang Liga Champions musim ini dan melakukan clean sheet tiga di antaranya.

Sementara itu, Atletico tidak terkalahkan dalam sepuluh pertandingan di semua kompetisi, dengan tujuh kemenangan dan dua imbang. Kekalahan terakhir klub besutan Diego Simeone itu adalah di kandang lawan Barcelona pada Februari lalu.

Dengan kemenangan 1-0 di Vicente Calderon pada pekan lalu, Atletico mempertahankan rekor tidak terkalahkan atas Leicester, yang termasuk empat kemenangan dan satu imbang.

SIMAK JUGA – Diego Godin: Jamie Vardy Cocok Untuk Atletico Madrid

Ini adalah pertandingan ketiga Leicester lawan Atletico di kompetisi Eropa. Mereka kalah dalam dua pertemuan sebelumnya setelah sang rival unggul agregat gol.

Kunjungan terakhir Atletico ke Leicester adalah pada 1997 untuk pertandingan pendahuluan yang dimenangi dengan skor 2-0.

Atletico memiliki rekor buruk di Inggris dengan hanya meraih dua kemenangan dari sepuluh kunjungan, imbang dan kalah masing-masing empat kali.

Skenario Kualifikasi:

  • Hasil imbang atau kemenangan akan membawa Atletico melaju ke babak semi-final.
  • Kemenangan 1-0 buat Leicester akan memaksa pertandingan ke babak tambahan waktu dan kemungkinan adu penalti.
  • Jika Leicester kebobolan satu gol atau lebih, mereka harus menang dengan ninimal margin dua gol. Sementara itu, Atletico berpeluang unggul dengan gol tandang, bahkan ketika agregat sama kuat.

Prakiraan Susunan Pemain:

Leicester City Starting XI (4-4-2): Schmeichel; Simpson, Morgan, Benalouane, Fuchs; Mahrez, Drinkwater, Ndidi, Albrighton; Vardy, Okazaki.

Atletico Madrid Starting XI (4-4-2): Oblak; Juanfran, Savic, Godin, Luis; Carrasco, Koke, Gabi, Saul; Torres, Griezmann.

Tahukah Anda?

  • 67,7 persen tim-tim yang menang 1-0 di kandang di leg pertama Liga Champions lolos ke putaran berikutnya (21 dari 31 tim).
  • Atletico dan Leicester bertemu untuk yang ketiga kalinya di laga kandang/tandang Eropa setelah saling berjumpa di putaran pertama Piala Winners 1961/62 dan Piala UEFA 1997/98. Klub asal Spanyol itu lolos di dua kesempatan sebelumnya.
  • Faktanya, setelah leg kedua, pertandingan Leicester City yang ketiga di kompetisi Eropa akan berhadapan dengan Atletico (enam dari 18).
  • Leicester adalah tim pertama sejak Malaga pada 2012/13 yang lolos ke perempat-final di debut Liga Champions. Mereka juga adalah delapan tim Inggris yang lolos ke babak delapan besar, lebih banyak dari negara-negara lain.
  • Leicetser menenangi semua empat pertandingan kandang Liga Champions pada musim ini (enam gol dicetak, dan satu gol kebobolan).
  • Leicester adalah tim yang mencetak gol paling sedikit di antara delapan tim yang tersisa di Liga Champions pada musim ini (sepuluh gol dari sembilan pertandingan). 50 persen dari gol-gol itu datang dari bola mati.
  • Faktanya, Leicester tidak melakukan satu pun shot on target di leg pertama di Vicente Calderon.
  • Tidak ada tim yang kebobolan lebih banyak lewat penalti ketimbang Leicester di Liga Champions musim ini (empat, hanya dua yang berhasil).
  • Atletico memiliki peluang untuk lolos ke semi-final Liga Champions untuk ketiga kalinya dalam empat musim terakhir. Mereka tidak pernah mencapai itu sebelumnya (sejak 1992/93).
  • Pertandingan tandang Atletico sebelumnya di Liga Champions lawan tim Inggris adalah ketika skuat Diego Simeone itu mengalahkan Chelsea 3-1 di Stamford Bridge pada April 2014.
  • Atletico memenangi tujuh dari sembilan pertandingan Liga Champions musim ini (D1 L1). Tidak ada tim yang mengumpulkan lebih banyak kemenangan.
  • Atletico melakukan 27 clean sheet dari 45 pertandingan Liga Champions di bawah asuhan Simeone sejak 2013/14 (60 persen), itu lima lebih banyak dari tim-tim selama periode itu (Real Madrid, 22).
  • Antoine Griezmann mencetak gol atau memberi assist 52 persen dari semua gol Atletico di Liga Champions sejak musim lalu (12 gol dan tiga assist).
  • Riyad Mahrez langsung terlibat dalam enam dari sepuluh gol Leicester di Liga Champions musim ini (empat gol, dua assist).
  • Jamie Vardy mencetak hanya satu gol dari delapan pertandingan Liga Champions (681 menit).

Prediksi Redaksi Goal Indonesia: Leicester City 1-1 Atletico Madrid