PREVIEW Liga Champions: Borussia Dortmund – AS Monaco

Duel pertama dua tim Kuda Hitam Liga Champions musim ini akan berlangsung Di Westfalenstadion, mampukah Borussia Dortmund mengambil keuntungan?


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Duel seru segera tersaji di Westfalenstadion tatkala Borussia Dortmund diharuskan menjamu AS Monaco, pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (12/4) dini hari WIB.

Menjadi seru karena kedua tim yang berstatus sebagai Kuda Hitam Liga Champions musim ini, juga sebagai tim yang mengedepankan permainan ofensif. Total mereka telah melesatkan 40 gol di turnamen prestise itu musim ini.

Tak heran, meski bukan tim dengan sejarah besar, publik begitu menantikan pertandingan ini. Dengan laga yang dimainkan di Westfalenstadion, tak heran bila kemudian Dortmund dipandang sebagai unggulan.

Musim ini Dortmund belum sekalipun kalah dalam partai kandang di Liga Champions. Dari empat laga, mereka menang tiga kali, dengan rekor gol 15 berbanding 6. Sayangnya badai cedera masih saja hinggap.

Jelang hadapi Monaco, enam pilar Dortmund dipastikan urung mentas lantaran masih terkapar di meja perawatan. Termasuk di antaranya Shinji Kagawa, Julian Weigl, dan sang kapten, Marco Reus. Meski begitu sang pelatih, Thomas Tuchel, berharap beberapa di antara mereka bisa dimungkinkan tampil.

“Duel hadapi Monaco akan sangat berat. Kami butuh penggawa terbaik tampil. Kami mengharapkan kembalinya Julian Weigl dan Shinji Kagawa, serta Lukasz Piszczek yang dimungkinkan fit. Reus? Saya tak bisa memastikan,” ungkapnya, seperti dikutip laman resmi klub.

Welcome to the capital of football, @AS_Monaco_EN! #bvbasm #UCL pic.twitter.com/894EUtaDZp

— Borussia Dortmund (@BVB) April 10, 2017

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Dortmund Kontra Monaco

Sementara Monaco masih dalam performa terbaiknya musim ini, jelang hadapi Dortmund. Setelah singkirkan Manchester City di babak 16 besar, mereka juga memperpanjang rentetan kemenangan di Ligue 1 Prancis jadi lima journee beruntun, dan pastikan diri ke semi-final Coupe de France.

Walau mental Monaco sedikit terguncang dengan pembantaian 4-1 dari Paris Saint-Germain di final Coupe de la League, juga bakal absennya Tiemoue Bakayoko akibat skorsing, Les Rouge et Blanc tetap dalam situasi tepat bertandang ke markas Dortmund.

Apalagi sang mesin gol sekaligus kapten tim, Radamel Falcao sudah kembali dari cedera dan siap tampil sejak awal di Westfalenstadion. Tajinya langsung hadir di Ligue 1 akhir pekan lalu kala lakoni partai comeback, dengan bawa Monaco menang atas Angers lewat gol tunggalnya.

Meski dinaungi atmosfer positif yang kental, sang pelatih, Leonardo Jardim, tetap mewanti-wanti anak asuhnya untuk mewaspadai gelombang serangan Dortmund yang dinilainya sangat berbahaya.

“Ketika bertahan, kami harus waspada dengan kualitas Dortmund. Harus ada keseimbangan. Selain itu mereka juga sudah sangat berpengalaman bermain di Eropa, sehingga kesalahan sedikit apapun yang kami lakukan bisa berakibat fatal,” ujar Jardim, seperti dikutip Goal Prancis.

Bentrok akan berlangsung seru, dengan garansi kedua tim yang jual-beli serangan. Monaco akan beri perlawanan ketat, tapi Dortmund tetap miliki kans lebih besar untuk menang.

Prakiraan Formasi:

Dortmund (4-1-4-1): Burki; Piszczek, Sokratis, Bartra, Schmelzer; Weigl; Pulisic, Castro, Guerreiro, Dembele; Aubameyang.

Monaco (4-4-2): Subasic; Sidibe, Jemerson, Glik, Mendy; Silva, Moutinho, Fabinho, Lemar; Mbappe, Falcao.

Prediksi Goal Indonesia: Dortmund 4-2 Monaco

TAHUKAH ANDA

  • Bentrok ini jadi pertemuan perdana Dortmund dan Monaco sepanjang sejarah.

  • Hanya ada satu tim yang sanggup mengalahkan Dortmund di kandang dalam ajang Liga Champions. Adalah Olympique Marseille yang melakukannya pada 2011 lalu.

  • Ini jadi kali ketiga Monaco bertanding hadapi tim asal Jerman. Sebelumnya mereka bertemu Bayer Leverkusen, dengan hasil imbang 1-1 di kandang dan kalah 3-0 di partai tandang.

  • Dortmund sukses melenggang ke babak perempat-final untuk kali ketiga, dalam lima musim terakhir.

  • Dortmund kalah tujuh kali dari sepuluh partai terakhirnya di babak gugur Liga Champions. Tiga lainnya sukses dimenangkan.

  • Ini jadi kali keempat buat Monaco melenggang ke perempat-final Liga Champions. Meski begitu PSG masih jadi tim Prancis yang paling sering melenggang ke perempat-final (lima kali).