PREVIEW Liga Champions: AS Monaco – Borussia Dortmund

Walau AS Monaco punya bekal lebih dengan kemenangan 3-2 di leg pertama, bentrok diyakini masih akan berjalan sangat terbuka dan sulit diprediksi.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Duel seru segera tersaji di Stade de Louis II tatkala AS Monaco menjamu Borussia Dortmund, pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (20/4) dini hari WIB.

Monaco layak diunggulkan dalam pertandingan ini. Selain menjalani duel di kandangnya sendiri, Les Rouge et Blanc juga punya bekal kemenangan tandang 3-2 pada leg pertama lalu.

Sejarah mencatat Monaco tak pernah kalah di laga kandang, dalam lima pertemuan terakhir melawan tim Jerman. Tim Merah Putih bahkan menang empat kali. Di samping itu dari lima kejadian yang ada di Liga Champions, tim yang menang tandang 3-2 pada leg pertama selalu sukses melenggang ke babak selanjutnya.

Meski begitu pelatih Monaco, Leonardo Jardim, enggan nyaman dengan situasi tersebut. Ia menegaskan tim asuhannya tetap bermain dengan filosofi ofensif dan tak mengubahnya jadi lebih pragmatis.

“Tim kami diharuskan bermain dengan cara seperti biasa karena DNA kami tak akan pernah berubah. Laga nanti akan sangat menentukan dan kami hanya tinggal setengah jalan lagi. Kami harus mencetak gol untuk bisa lolos!” seru Jardim, seperti dikutip Goal Prancis.

Sayangnya sedikit keriskanan ada dalam komposisi starting XI Monaco. Djibril Sidibe masih menderita cedera, sementara Fabinho harus absen karena skorsing. Untungnya duet supertajam Radamel Falcao dan Kylian Mbappe di lini depan dalam kondisi on fire. Terutama nama terakhir, yang cetak dua gol ke jala Dortmund pada leg pertama lalu.

Dortmund wajib waspadai ledakan Mbappe

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Monaco Kontra Dortmund

Sementara Dortmund dihadapkan misi berat karena diwajibkan menang minimal 2-0. Melakukannya di partai tandang, di mana mereka selalu telan kekalahan pada fase gugur dalam tiga partisipasi terakhir, jelas sangat rumit.

Kekalahan 3-2 di leg pertama memang terasa tidak adil, akibat insiden ledakan bom di bus yang ditumpangi skuatnya. Namun tak ada gunanya lagi meratapi hal itu, jika memang Dortmund ingin lolos ke semi-final.

Situasinya kini membaki, setelah di akhir pekan lalu Dortmund sukses petik kemenangan 3-1 atas Eintracht Frankfurt. Hasil itu bisa jadi mood-booster Die Borussen, yang di dua partai sebelumnya telan kekalahan. Apalagi Gonzalo Castro dan sang kapten, Marco Reus, bisa mentas sejak awal usai lepas dari cedera.

Tak heran bila kemudian pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, mengungkapkan ras optimistisnya. “Dalam kondisi seperti ini, saya berharap pada pengalaman para pemain saya. Membalikkan situasi jelas sulit, tapi kami selalu punya keyakinan bisa melakukan hal tersebut,” ungkapnya, seperti dikutip Goal Jerman.

Meski Monaco duntungkan dengan segala situasinya, tetap sulit memprediksi akan seperti apa hasil akhir laga ini. Apalagi dengan cara bermain ofensif kedua tim, yang menggaransi terjadinya banyak gol. Babak perpanjangan waktu tampaknya harus digelar, untuk tentukan siapa yang layak lolos.

Prakiraan Formasi:

Monaco (4-4-2): Subasic; Raggi, Jemerson, Glik, Mendy; Silva, Moutinho, Bakayoko, Lemar; Mbappe, Falcao.

Dortmund (4-14-1): Burki; Piszczek, Sokratis, Ginter, Schmelzer; Weigl; Pulisic, Castro, Dembele, Reus; Aubameyang.

Prediksi Goal Indonesia: Monaco 3-3 Dortmund

TAHUKAH ANDA

  • Dalam lima kejadian sebelumnya, semua tim yang menang 3-2 di leg pertama babak gugur Liga Champions selalu sukses melaju ke babak selanjutnya.

  • Monaco meraih empat kemenangan tanpa pernah kalah dalam lima bentrok terakhirnya hadapi tim asal Jerman, di semua kompetisi.

  • Jika sukses melaju ke semi-final, artinya Monaco akan sampai di fase itu untuk kali keempat sepanjang sejarah turnamen. Tak ada tim Prancis lain yang sanggup melangkah sejauh itu,  lebih dari sekali.

  • Monaco merupakan perempat-finalis dengan pertahanan terburuk di Liga Champions musim ini. Mereka sejauh ini sudah kebobolan 15 gol.

  • Monaco tiga kali dihadiahi penalti di Liga Champions musim ini, tapi ironisnya tak satu pun yang berbuah gol.

  • Dortmund sukses mencapai tiga babak perempat-final, dalam lima gelaran terakhir Liga Champions.