PREVIEW La Liga Spanyol: Malaga – Barcelona

Malaga jadi ujian bagus untuk Barcelona mempersiapkan diri hadapi Juventus di leg kedua perempat-final Liga Champions, tengah pekan esok.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Barcelona akan bertandang ke La Rosaleda, markas Malaga, dalam lanjutan La Liga Spanyol jornada 31, Minggu (9/4) dini hari WIB.

Duel ini menjadi ujian bagus untuk Barca, yang tengah pekan nanti akan jalani duel besar hadapi Juventus di leg pertama babak perempat-final Liga Champions. Faktanya Malaga di La Rosaleda, menjadi salah satu pengeruk tiga poin favorit Blaugrana.

Dalam sepuluh lawatan terakhir, Barca tak pernah kalah di La Rosaleda. Delapan kemenangan diraih, sementara dua sisanya berakhir imbang. Malaga juga selalu menelan kekalahan dalam lima pertemuan terkini.

Situasi Malaga sekarang juga sedang buruk-buruknya. Tim asuhan Michel ini hanya sanggup mengoleksi empat poin dari lima jornada terakhir. Mereka bahkan menelan tiga kekalahan beruntun di La Rosaleda, yang jadi rekor terburuk klub sejak Oktober 2010.

Selain itu lima pilar Malaga juga dipastikan takkan mentas. Zdravko Kuzmanovic, Bakary Kone, Miguel Torres, dan Youssef En-Nesyri terkapar di meja perawatan. Sementara sang winger andalan, Keko, harus absen akibat skorsing.

Messi punya rekor bagus di La Rosaleda

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Malaga Kontra Barcelona

Walau begitu, bukan berarti pelatih Barca, Luis Enrique, lantas meremehkan bentrok hadapi Malaga. Ia menyebut Los Boquerones sebagai lawan yang selalu memampu menyulitkan timnya.

“Menghadapi Malaga, mereka adalah lawan yang selalu berhasil membuat kami kesulitan. Jadi mari kita lihat, karena kami masih ingin bertarung memperebutkan gelar juara La Liga,” ujar Enrique, seperti dikutip Marca.

Alih-alih formasi baru 3-4-3, Enrique diyakini akan menurunkan skema lawasnya dalam 4-3-3. Pemasangan Jordi Alba sebagai bek sayap akan dioptimalkan, menyusul protesnya baru-baru ini.

Selain itu kita sepertinya akan menyakiskan dua debutan muda dari La Masia, yakni Carlos Alena dan Alex Carbonell. Untuk pertama kalinya bintang Barcelona B itu dipanggil masuk ke skuat utama.

Meski begitu sorotan tetap akan tercurah pada sang bintang utama, Lionel Messi. Melakoni comeback tengah pekan lalu hadapi Sevilla, La Pulga langsung torehkan sepasang gol. Kebetulan, dia juga punya rekor brilian di La Rosaleda dengan koleksi enam gol dari enam lawatannya.

Prakiraan Formasi:

Malaga (4-2-3-1): Kameni; Rosales, Hernandez, Llorente, Ricca; Recio, Camacho; Castro, Fornals, Juankar; Ramirez.

Barcelona (4-3-3): Stegen; Roberto, Umtiti, Mathieu, Alba; Suarez, Busquets, Gomes; Messi, Suarez, Neymar.

Prediksi Goal Indonesia: Malaga 1-3 Barcelona

TAHUKAH ANDA

  • Malaga tengah dalam rentetan tiga kekalahan beruntun di La Rosaleda. Tren terburuk sejak Oktober 2010, di mana mereka kalah lima kali beruntun.

  • Barca tak terkalahkan dalam sepuluh lawatan terakhirnya di La Rosaleda (8 menang, 2 imbang). Kekalahan terakhir mereka terjadi pada 2003 lalu, lewat skor mengenaskan 5-1.

  • Dalam lima pertemuan terakhir, Malaga selalu telan kekalahan dari Barca. 

  • Bintang utama Barca, Messi, mencetak enam gol dalam enam lawatannya ke La Rosaleda di La Liga, termasuk hat-trick pada pertemuan 2012 lalu.

  • Kiper Malaga, Kameni, catatkan enam clean sheet saat hadapi Barca. Rekor tertinggi dari kiper lainnya di La Liga musim ini.