PREVIEW La Liga Spanyol: Espanyol – Barcelona

Derbi Barceloni jadi ujian krusial Barcelona selanjutnya, untuk terus menjaga asa pertahankan gelar La Liga Spanyol.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Derbi Barceloni antara Espanyol dan Barcelona segera tersaji di Estadio Cornella – El Prat, pada jornada 35 La Liga Spanyol, Minggu (30/4) dini hari WIB.

Ini menjadi Derby Catalunya edisi ke-163 sepanjang sejarah di semua kompetisi. Siapa yang unggul bisa ditebak, yakni Barca lewat koleksi 93 kemenangan dengan hanya telan 34 kali kekalahan.

Keadidayaan Barca pada Derbi Barceloni juga terlihat dalam 15 edisi terakhir. Blaugrana secara perkasa memetik 13 kemenangan tanpa pernah kalah. Dalam empat bentrok terkini di markas Espanyol, mereka bahkan selalu menang tanpa pernah kebobolan.

Plus modal mutlak keunggulan kualitas skuat, tak ada alasan buat Barca gagal curi tiga poin di partai ini. Artinya sangat krusial untuk terus bersaing dengan sang rival abadi, Real Madrid, memburu gelar La Liga.

Suarez sudah terlalu lama majal

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Espanyol Kontra Barcelona

Meski begitu pelatih Barca, Luis Enrique, tetap mewanti-wanti anak buahnya untuk tak meremehkan Espanyol. Apalagi mereka besar kemungkinan tanpa diperkuat sang kapten, Andres Iniesta, yang alami cedera ringan.

Derbi Barceloni mungkin dipandang semua orang berlangsung mudah bagi kami. Namun pada kenyataannya tidak, karena kami selalu dibuat kesulitan. Gengsi pun dipertaruhkan, yang menambah beban mental. Bagaimanapun sekarang bukan waktunya kami terpeleset,” tutur Enrique, seperti dikutip Marca.

Walau tanpa Iniesta, satu tambahan kualitas signifikan akan hadir dengan kembalinya Neymar dari hukuman skorsing kartu. Keberadannya tentu bakal membuat daya gedor Barca makin fantastis.

Sorotan sendiri terletak pada Luis Suarez. Dia diharapkan bisa tajam kembali di momen krusial ini, setelah absen mencetak gol dalam dua partai terakhir. Sempat dicadangkan hadapi Osasuna akhir pekan lalu, El Pistolero diidamkan jadi penentu hasil dalam derby ini.

Prakiraan Formasi:

Espanyol (4-4-2): Lopez; Lopez. Reyes, Lopez, Martin; Jurado, Fuego, Sanchez, Piatti; Moreno, Caceido.

Barcelona (4-3-3): Stegen; Roberto, Pique, Mascherano, Digne; Rakitic, Busquets, Gomes; Messi, Suarez, Neymar.

Prediksi Goal Indonesia: Espanyol 1-3 Barcelona

TAHUKAH ANDA

  • Espanyol tak pernah menang dalam 15 derby terakhir hadapi Barca (12 kalah, 3 imbang). Rentetan terburuk mereka dalam rekor hadapi sebuah tim.

  • Espanyol sukses petik enam kemenangan dari delapan partai kandang terakhirnya di La Liga. Real Sociedad dan Atletico Madrid adalah klub yang sukses curi kemenangan selama periode tersebut.

  • Messi merupakan top skor sepanjang masa Derby Barceloni, lewat jumlah 15 gol.

  • Satu gol lagi, Messi akan jadi pemain pertama di lima liga top Eropa musim ini yang torehkan 50 gol.

  • Barca tak pernah kebobolan dalam empat lawatan terakhirnya ke markas Espanyol.