PREVIEW La Liga Spanyol: Barcelona – Real Sociedad

Bentrok hadapi Real Sociedad bisa jadi mood-booster buat Barcelona, untuk lakukan remontada jilid dua kontra Juventus tengah pekan esok.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Barcelona akan menjamu salah satu lawan favoritnya, Real Sociedad, di Camp Nou, dalam lanjutan La Liga Spanyol jornada 32, Minggu (16/4) dini hari WIB.

Disebut sebagai lawan favorit, karena Sociedad menjadi musuh yang paling sering mereka kalahkan sejak April 1995. Dari 18 lawatannya sejak saat itu, klub asal wilayah Basque tersebut secara mengenaskan selalu telan kekalahan!

Bahkan Barca memiliki rerata mencetak 2,8 gol per partai dari 18 kemenangan beruntunnya tersebut. Karenanya tak heran bila duel melawan Sociedad bisa menjadi mood-booster Blaugrana keluar dari krisis hasil.

Maklum dalam dua laga terakhir, Barca selalu kalah tanpa mencetak sebiji gol pun. Paling menyakitkan tentu saja tengah pekan lalu kala bertamu ke markas Juventus, pada leg kedua babak perempat-final liga Champions. Mereka kalah telak 3-0 sehingga wajib lakukan remontada kedua.

Karenanya kemenangan atas Sociedad akan berarti krusial guna membenahi mental Lionel Messi cs. Selain itu Barca juga bisa terus menjaga kans pertahankan gelar La Liga dan jadi persiapan yang bagus untuk wujudkan remontada jilid dua kontra Juve.

Mascherano & Pique wajib benahi sektor pertahanan

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Barcelona Kontra Sociedad

Pelatih Barca, Luis Enrique, pun mewanti-wanti timnya untuk fokus dan bangkit di partai ini. Dirinya enggan anak asuhnya kembali tuai hasil negatif karena memandang sang lawan sebelah mata.

“Sociedad adalah salah satu lawan tersulit yang bisa kami hadapi. Tim ini mampu. Kami ingin memiliki peluang memenangi liga musim ini, dan hal itu dimulai dengan sebuah kemenangan melawan Sociedad. Kami tidak akan menganggap remeh, kami tidak akan menyerah,” seru Enrique, seperti dikutip Marca.

Sayangnya Barca tak bisa turun dengan kekuatan terbaiknya. Mereka masih tanpa Arda Turan dan Rafinha yang cedera, plus penyerang andalan, Neymar, akibat skorsing.

Enrique pun diprediksi akan mengembalikan skema tiga bek kembali ke empat bek, dalam formasi 4-3-3. Jordi Alba bakal kembali mendapat peluang mentas sejak awal sebagai bek sayap kiri, sementara Paco Alcacer berpotensi mendampingi Luis Suarez dan Lionel Messi di lini depan.

Walau begitu sorotan akan tetap diarahkan pada lini belakang Barca, yang dipimpin oleh duet bek tengah Javier Mascherano dan Gerard Pique. Maklum, jala Andre Ter Stegen sudah jebol delapan kali dari lima laga terkini di semua ajang. Jika perbaikan tak segera dilakukan, Sociedad bisa jadi hadirkan kejutan.

Prakiraan Formasi:

Barcelona (4-3-3): Stegen; Roberto, Mascherano, Pique, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Messi, Suarez, Alcacer.

Real Sociedad (4-3-3): Rulli; Zaldua, Navas, Martinez, Yuri; Prieto, Illaramendi, Zurutuza; Vela, Jose, Oyarzabal.

Prediksi Goal Indonesia: Barcelona 3-1 Real Sociedad

TAHUKAH ANDA

  • Barca memenangkan 18 laga kandang terkahirnya ketika menjamu Sociedad. Mereka total lesatkan 51 gol.

  • Sociedad tak pernah memetik poin di Camp Nou sejak April 1995 silam (imbang 1-1). Kala itu pelatih mereka, Eusebio Sacristan, masih jadi penggawa Blaugrana.

  • Sepanjang sejarah La Liga, Sociedad hanya tiga kali menang ketika bertandang ke Camp Nou. Rekor terburuk, dalam setidaknya 28 lawatan ke satu markas lawan.

  • Messi mencetak delapan gol dari delapan duelnya hadapi Sociedad di Camp Nou.

  • Suarez mencetak 13 gol dari 13 laga terakhirnya di Camp Nou, di La Liga musim ini.