PREVIEW La Liga Spanyol: Atletico Madrid – Real Sociedad

Atletico Madrid menelan kekalahan 2-0 dari Real Sociedad di Anoeta di pertemuan pertama pada musim ini.


OLEH    HAPPY SUSANTO     Ikuti di twitter


Atletico Madrid akan menjamu Real Sociedad dalam lanjutan La Liga Spanyol pekan ke-30 di Vicente Calderon, Rabu (5/4) dini hari WIB.

Kedua sedang berjuang untuk bisa finis di papan Eropa pada musim ini. Los Rojiblancos saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan raihan 58 poin, unggul selisih gol atas Sevilla di bawahnya. Sementara itu, Sociedad ada di urutan kelima dengan perolehan 49 poin, terpaut sembilan angka dengan klub asal ibukota Spanyol itu.

Atletico menampilkan performa yang sangat bagus di paruh kedua musim ini, padahal mereka harus banyak berjuang di lima bulan pertama. Kini, klub besutan Diego Simeone itu naik ke peringkat ketiga dengan menjaga asa bersaing dalam perebutan gelar dengan Real Madrid dan Barcelona, meski terbilang sangat sulit.

Kemenangan 2-0 atas Malaga pada akhir pekan lalu menghadirkan empat kemenangan beruntun mereka di La Liga. Kekalahan terakhir di kandang adalah lawan Barcelona pada Februari lalu. Tapi, itu masih menjadi satu-satunya kekalahan dari 14 pertandingan terakhir liga dengan meraih sepuluh kemenangan dan tiga imbang selama paruh kedua sejauh ini.

Atletico adalah tim kandang terbaik kelima di liga dengan raihan sepuluh kemenangan dan dua imbang dari 14 pertandingan sejauh ini. Mereka memiliki rata-rata kurang dari satu gol dalam urusan kebobolan di kandang sendiri.

SIMAK JUGA – Jadwal TV Siaran Langsung Sepakbola Hari Ini

Sementara itu, Sociedad hanya bermain imbang 1-1 di kandang lawan Leganes pada akhir pekan lalu. Mereka memasuki pertandingan lawan Atletico dengan tanpa kemenangan dalam tiga  laga, dengan kekalahan beruntun di Alaves dan di kandang lawan Athletic Bilbao.

Sociedad memiliki rekor yang bagus di tandang. Klub besutan Eusebio Sacristan itu kalah di pertandingan tandang terakhir lawan Avales, namun sebelumnya meraih tiga kemenangan beruntun. Mereka adalah tim tandang terbaik kelima dengan delapan kemenangan dan enam kekalahan dari 14 pertandingan sejauh ini. 

Secara mengejutkan, Sociedad meraih kemenangan 2-0 atas Atletico pada November lalu ketika kedua tim bertemu di Anoeta.

Namun, Atletico adalah tim yang lebih baik dalam beberapa pertemuan terakhir lawan Sociedad dengan lima kemenangan dan dua imbang dari tujuh pertandingan.

Di Calderon, Atletico lebih unggul dalam tiga pertandingan terakhir lawan Sociedad, dengan melakukan clean sheet dan mencetak di masing-masing laga dengan minimal dua gol. Sociedad hanya merasakan satu kemenangan dalam sepuluh kunjungan di sana, yakni pada 2013. Sedangkan Atletico menang tujuh kali dan imbang dua kali dalam periode itu.

Prakiraan Susunan Pemain:

Atletico Madrid XI (4-4-2): Oblak; Luis, Godin, Savic, Juanfran; Carrasco, Gabi, Niguez, Koke; Griezmann, Gameiro.

Real Sociedad XI (4-3-3): Rulli; Yuri, Martinez, Navas, Odriozola; Zurutuza, Granero, Prieto; Oyarzabal, Jose, Vela.

Tahukah Anda?

  • Atletico memenangi tiga pertandingan terakhir La Liga di kandang lawan Real Sociedad, dengan melakukan tiga clean sheet.
  • The Basque hanya menang satu kali dari sepuluh kunjungan terakhir di ajang La Liga ke Vicente Calderon (D2 L7); 0-1 pada 2013.
  • Kemenangan Real Sociedad itu pada 2013–berkat sebuah gol dari Xabi Prieto–mengakhiri catatan kemenangan beruntun terpanjang Atletico di kandang di La Liga (14).
  • Atletico memenangi empat pertandingan La Liga terakhir secara beruntun, catatan terbaik mereka pada musim ini.
  • Di sisi yang lain, Real Sociedad saat ini dalam catatan terburuk mereka pada musim ini–dengan tiga pertandingan beruntun tanpa kemenangan (D1 L2).
  • Antoine Griezmann mencetak 98 gol di La Liga. Hanya satu pemain asal Prancis lainnya yang mencapai 100 gol La Liga; Karim Benzema (120).
  • Striker asal Prancis itu mencetak tiga gol dalam empat pertemuan terakhir di La Liga lawan mantan timnya.
  • Juanmi Jimenez mencetak lebih banyak gol dari pemain Real Sociedad lainnya sejauh ini pada 2017 (5).
  • Koke terlibat dalam lima gol dari enam pertandingan terakhirnya di La Liga (dua gol, tiga assist).
  • Filipe Luiz terlibat dalam gol lebih banyak dari bek Atletico lainnya di musim La Liga (satu gol, empat assist).
  • Hanya PSG (16) melakukan lebih banyak clean sheet ketimbang Atletico (15) di lima liga top Eropa pada musim ini.

Prediksi Redaksi Goal Indonesia: Atletico Madrid 2-1 Real Sociedad.