PREVIEW DFB-Pokal Jerman: Bayern Munich – Borussia Dortmund

Der Klassiker edisi ke-116 sepanjang sejarah hadir di babak semi-final DFB-Pokal Jerman, siapa bakal jadi pemenangnya?


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Partai terbesar di Jerman, Der Klassiker, yang pertemukan Bayern Munich dan Borussia Dortmund kembali tersaji Allianz Arena, dalam tajuk semi-final DFB-Pokal Jerman, Kamis (27/4) dini hari WIB.

Der Klassiker kali ini menjadi edisi ke-116 sepanjang sejarah di semua kompetisi resmi. Pertemuan ini juga jadi yang keempat sepanjang musim ini, setelah di Piala Super Jerman dan dua pertemuan di Bundesliga Jerman.

Dari jumlah tersebut, Bayern selalu tampil dengan jumlah kemenangan lebih banyak. Jika di sepanjang sejarah Die Roten koleksi 53 kemenangan, dari tiga pertemuan musim ini mereka juga menang dua kali.

Meski begitu Bayern sejatinya tak miliki persiapan yang bagus jelang duel krusial ini. Mental Thomas Muller cs tengah terpuruk setelah disingkirkan Real Madrid secara kontroversial, dari perempat-final Liga Champions tengah pekan lalu. Situasi itu tampak jelas dalam permainan loyo hadapi Mainz 05 dengan hasil imbang 2-2 akhir pekan lalu.

Sang pelatih, Carlo Ancelotti, wajib segera benahi situasi ini. Karena jika tidak posisinya bakal terancam karena DFB-Pokal plus Bundesliga, merupakan gelar wajib-rutin FC Hollywood di setiap musimnya.

Lewy diharapkan terus gemilang saat hadapi mantan klub

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Bayern Kontra Dortmund

Beberapa perubahan akan dilakukan Ancelotti untuk menghadapi partai berat ini. Salah satunya adalah dengan menyingkirkan Franck Ribery dari starting XI, untuk digantikan Douglas Costa yang dinilainya lebih efektif.

“Ribery bisa bermain melawan Dortmund, tapi Costa yang akan mentas sejak awal laga karena lebih efektif dan tunjukkan etos kerja yang baik belakangan ini. Laga melawan Dortmund wajib kami menangi, karena gelar DFB-Pokal sama pentingnya dengan Bundesliga,” tutur Ancelotti, seperti dikutip Bild.

Walau begitu sorotan tetap bakal diarahkan pada ujung tombak Bayern, Robert Lewandowski. Pemain 28 tahun ini gemar jadi protagonis hadapi Dortmund, klub yang membesarkan namanya. Dari sepuluh kali hadapi eks klubnya, Lewy tampil tajam dengan sudah torehkan tujuh gol.

Kebetulan lini pertahanan Dortmund juga sedang dalam masalah berat. Tim asuhan Thomas Tuchel secara mengenaskan kebobolan 13 gol hanya dari lima partai terakhirnya di semua kompetisi. Namun patut diingat bahwa Die Borussen masih tajam, lewat gelontoran 35 gol dari 13 partai terkininya di semua kompetisi.

Bentrok akan berlangsung ketat, keras, dengan tempo tinggi yang biasa tersaji dalam Der Klassiker. Bayern diunggulkan menang, meski tidak dalam 90 menit waktu normal.

Bayern Munich (4-3-3): Ulreich; Lahm, Boateng, Hummels, Bernat; Vidal, Alonso, Alcantara; Robben, Lewandowski, Costa.

Borussia Dortmund (4-1-4-1)Burki; Piszczek, Sokratis, Ginter, Schmelzer; Weigl; Dembele, Castro, Kagawa, Reus; Aubameyang.

Prediksi Goal Indonesia: Bayern 3-1 Dortmund

TAHUKAH ANDA

  • Bentrok ini akan menjadi Der Klassiker edisi ke-116 di semua kompetisi resmi. Dari jumlah itu Bayern unggul lewat 53 kemenangan dan 29 kali kalah.
  • Di DF-Pokal sendiri, Der Klassiker sudah terjadi sebanyak sembilan kali. Lagi-lagi Bayern unggul lewat lima kemenangan berbanding satu kekalahan.
  • Ujung tombak Bayern, Lewandowski, yang mulai tersohor ketika membela Dortmund, mengoleksi total 12 gol dalam Der Klassiker yang terbagi untuk kedua tim.
  • Dortmund tengah terpuruk di lini pertahanan, lantaran kebobolan 13 gol dari lima partai terakhirnya di semua kompetisi.
  • Meski begitu Dortmund juga subur dengan torehkan 35 gol dari 13 laga terakhirnya di semua kompetisi.