PREVIEW Coppa Italia Italia: Napoli – Juventus

Kembali menghadapi Juventus dalam rentang tiga hari, kali ini di Coppa Italia mampukah Napoli balikkan keadaan untuk lolos ke final?


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Grande partita Napoli kontra Juventus akan dihelat San Paolo untuk kali kedua dalam rentang tiga hari, kali ini dengan tajuk leg kedua babak semi-final Coppa Italia, Kamis (6/4) dini hari WIB.

Bentrok antara Napoli dan Juve memang menanjak signifikan gengsinya, seturut meningkatnya level prestasi I Partenopei dalam sedekade terakhir. Segalanya semakin panas setelah idola Naples, Gonzalo Higuain, secara kontroversial hijrah ke Turin awal musim ini.

Setelah beroleh hasil imbang 1-1 akhir pekan lalu dalam duel di Serie A, Napoli kini berkewajiban menang minimal 2-0. Hal itu terjadi karena di leg pertama yang berlangsung di J Stadium lalu, mereka kalah 3-1.

Akan menjadi sulit, apalagi lawannya Juve yang miliki pertahanan terbaik kedua di Eropa musim ini (kebobolan 24 gol di semua kompetisi). Namun melihat performa Napoli dalam pertemuan terakhir, segalanya bisa terjadi.

Napoli sanggup mendominasi Juve secara mutlak, dengan persentase penguasaan bola mencapai 61 persen. Jumlah tembakan mereka juga unggul jauh, lewat 17 berbanding 4 percobaan.

Selain itu tak ada pilar Napoli yang harus absen di partai ini, termasuk sang kiper utama, Pepe Reina, yang absen di laga sebelumnya. Plus intimidasi luar bias puluhan ribu publik San Paolo, layaknya akhir pekan lalu, ancaman Napoli untuk Juve benar-benar nyata.

Higuain lagi-lagi layak jadi sorotan dalam duel di San Paolo

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Napoli Kontra Juventus

Sementara bagi Juve, bertandang ke San Paolo belakangan mulai jadi antitesis mereka. Bayangkan, dari 12 lawatan terakhir, Si Nyonya Tua hanya sekali meraih kemenangan. Selebihnya mereka kalah tujuh kali dan imbang empat kali.

Misi untuk mempertahankan keunggulan kandang 3-1 pada leg pertama, jelas mendapat ujian superberat. Terlebih Juve takkan didukung dengan kekuatan terbaiknya, seturut cederanya Mario Mandzukic dan Marko Pjaca.

Skema andalan 4-2-3-1 besar kemungkinan bakal diubah, karena Juve hanya tinggal memiliki satu stok winger, dalam diri Juan Cuadrado. Formasi lawas 3-5-2 berpotensi diterapkan kembali oleh sang pelatih, Massimiliano Allegri.

Selain kukuhnya lini pertahanan mendapat garansi lebih tinggi, Juve juga bisa mencuri gol lewat skema serangan balik cepat dari kedua sayapnya. Gelandang petarung layaknya Stefano Sturaro, akan krusial kehadirannya untuk keseimbangan formasi 3-5-2.

Walau begitu sorotan utama akan tetap tertuju pada bomber utama Juve yang pernah jadi idola tifosi Napoli, Higuain. Dia harus berusaha jadi protagonis di tengah intimidasi dari publik San Paolo, setelah tampilkan performa superburuk di pertemuan akhir pekan lalu.

Napoli menjadi unggulan untuk menang dalam grande partita ini. Namun jika berbicara kelolosan, potensi lebih besar tetap ada di pihak Juve.

Prakiraan Formasi:

Napoli (4-2-1-3): Reina; Hysaj, Chiriches, Koulibaly, Ghoulam; Zielinski, Diawara; Hamsik; Callejon, Mertens, Insigne.

Juventus (3-5-2):  Neto; Rugani, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Khedira, Marchisio, Sturaro, Sandro; Dybala, Higuain.

Prediksi Goal Indonesia:  Napoli 2-1 Juventus

TAHUKAH ANDA

  • Juve hanya menang sekali dalam 12 laga terakhirnya di San Paolo. Selebihnya mereka kalah tujuh kali dan imbang empat kali.
  • Napoli adalah satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang punya tiga pemain dengan koleksi 10+ gol musim ini (Mertens, Insigne, Hamsik).
  • Sepanjang sejarah sudah 158 kali Napoli dan Juve saling bentrok. Si Nyonya Tua unggul dengan 73 kemenangan, 51 imbang, dan 33 kali kalah.
  • Ujung tombak Juve, Higuain, merupakan top skor sepanjang masa Napoli dan Serie A dalam semusim. Dia melakukannya musim lalu, lewat torehan 36 gol.
  • Jika jadi juara Coppa Italia musim ini, Juve akan jadi klub pertama yang jadi kampiun dalam tiga edisi beruntun.