PREVIEW Bundesliga Jerman: Schalke 04 – Borussia Dortmund

Derby Lembah Ruhr kembali tersaji di Veltnis Arena, kali ini siapa yang bakal jadi penguasanya?


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Ibu dari segala derby! Derby Lembah Ruhr merupakan salah satu highlight paling dinanti dalam kompetisi Bundesliga. Duel yang mempertemukan Schalke 04 dan Borussia Dortmund ini akan berlanjut kisahnya pada spieltag 26, Sabtu (1/4) malam WIB.

Sepanjang sejarah, Derby Lembah Ruhr sudah terjadi sebanyak 149 kali di kompetisi kompetitif. Schalke jadi rajanya, dengan sukses petik 58 kemenangan dan 40 kali imbang.

Meski begitu secara prestasi Schalke kini jelas inferior ketimbang Dortmund. Terbukti, dari tujuh pertemuan terakhir, tim berjuluk Die Königsblauen itu hanya sanggup menang sekali. Enam laga sisa terbagi dengan hasil imbang dan kalah.

Potensi Schalke untuk menang di laga klasik ini juga akan semakin mengecil menilik badai cedera yang tak kunjung pergi. Tercatat sampai enam pilar mereka yang dipastikan tak bisa mentas, termasuk jenderal lini belakang, Naldo, dan bomber tajam nan muda, Breel Embolo.

Bagaimanapun atmosfer luar biasa yang dijamin hadir di Veltnis Arena, bisa jadi motivasi tersendiri untuk Schalke. Mereka tercatat merupakan tim terbaik keenam di Bundesliga musim ini, jika bermain di kandang. Dari 13 spieltag yang dimainkan, tim asuhan Markus Weinzriel mampu mendapuk 23 poin.

Performa Kagawa terus menanjak dan siap kembali jadi protagonis derby

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Schalke 04 Kontra Borussia Dortmund

Dortmund sendiri sudah menemukan performa terbaiknya, jelang hadapi Schalke. Dalam tujuh laga kompetitif terakhir, Die Borussen berhasil memetik enam kemenangan dan hanya sekali kalah.

Sang bomber andalan, Pierre-Emerick Aubameyang, jadi pemain yang paling bersinar dalam rentetan hasil gemilang tersebut. Dari jumlah partai itu, kapten Timnas Gabon ini secara luar biasa mampu menceploskan sembilan gol.

Meski begitu sorotan utama jelang laga ini adalah gelandang serang seniornya, Shinji Kagawa. Sempat tersingkir dari tim utama di awal musim ini, pemain 27 tahun itu berhasil bangkit dengan kini tembus starting XI. 

Penggawa internasional Jepang ini pun siap kembali jadi protagonis Derby Lembah Rhur, seturut fakta bahwa dirinya merupakan top skor derby yang masih aktif. Ya, bersama Aubameyang, Kagawa sudah mengoleksi empat gol ke gawang Schalke.

Walau begitu sedikit keriskanan hadir dengan cederanya beberapa pilar. Eric Durm, Andre Schurrle, dan kapten Dortmund, Marco Reus, dipastikan tak tampil akibat terkapar di meja perawatan. Potensi Si Kuning untuk menang mengecil, tapi tetap diunggulkan atas Schalke.

Schalke (4-2-3-1): Fahrmann; Kehrer, Howedes, Nastasic, Kolasinac; Geis, Bentaleb; Schopf, Goretzka, Caligiuri; Burgstaller.

Borussia Dortmund (3-4-2-1): Burki; Ginter, Sokratis, Schmelzer; Piszczek, Castro, Weigl, Guerreiro; Dembele, Kagawa; Aubameyang.

Prediksi Goal Indonesia: Schalke 1-2 Dortmund

TAHUKAH ANDA

  • Laga ini akan menjadi Derby Lembah Ruhr ke-150 di level kompetisi resmi.
  • Dari 149 pertemuan sebelumnya, Schalke unggul dengan 58 kemenangan dan 40 kali imbang.
  • Dari tujuh derby terakhir, Schalke hanya sanggup menang sekali. Selebihnya tiga kali imbang dan kalah.
  • Laga ini jadi mula periode super sibuk kedua klub, dalam 28 hari ke depan. Schalke akan memainkan delapan partai, sementara Dortmund sembilan partai.
  • Shinji Kagawa dan Pierre-Emerick Aubameyang jadi top skor Derby Lembah Ruhr yang tergabung dalam skuat Dortmund akhir pekan ini. Keduanya masing-masing mengoleksi empat gol.