PREVIEW Bundesliga Jerman: Borussia Monchengladbach – Borussia Dortmund

Bentrok sulit hadapi Borussia Monchengladbach diragukan bisa pulihkan mental Borussia Dortmund, yang baru saja tersingkir dari Liga Champions.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Duel seru siap tersaji di Borussia-Park tatkala Borussia Monchengladbach menjamu Borussia Dortmund, pada spieltag 30 Bundesliga Jerman, Sabtu (22/4) malam WIB.

Dibilang seru karena fakta mengungkap dari 41 pertemuan terakhir kedua klub di Bundesliga, selalu sukses hasilkan gol. Apalagi filosofi sepakbola Gladbach dan Dortmund, begitu tersohor dengan sepakbola menyerangnya.

Sayangnya Gladbach menyambut partai ini tidak dalam kondisi terbaik. Pekan lalu, Die Fohlen baru saja alami kekalahan terbesar sejak diasuh Dieter Hecking. Adalah Hoffenheim yang melumat lewat skor telak 5-3. Padahal sebelumnya mereka mentok hanya kebobolan dua gol per partai.

Rekor buruk juga menanti, karena Gladbach selalu kalah dalam tiga pertemuan terakhir hadapi Dortmund. Termasuk kekalahan 3-1 di Borussia-Park musim lalu. Segalanya semakin parah menilik situasi skuat mereka yang tak kunjung dijauhi badai cedera.

Gladbach kini merupakan tim yang paling banyak kehilangan pemain akibat cedera, lewat tujuh pilarnya yang terkapar di meja perawatan. Termasuk duo mesin gol-nya, Thorgan Hazard dan Raffael.

Reus diharapkan gemilang hadapi eks klubnya

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Gladbach Kontra Dortmund

Meski begitu bukan berarti Gladbach tak layak optimistis, karena Dortmund pun tak punya situasi yang lebih baik dari mereka. Bahkan mungkin lebih buruk secara psikis, lantaran trauma ledakan bom dua pekan lalu belum benar-benar hilang.

Dortmund secara mengejutkan hanya sanggup mengoleksi empat kemenangan dalam 15 partai terakhirnya di Bundesliga. Dalam empat partai terakhir, mereka juga kalah tiga kali dan cuma menang sekali.

Dua kekalahan di antaranya terjadi pada babak perempat-final Liga Champions, yang membuat Dortmund tersingkir. Untungnya badai cedera yang menerpa pilarnya nyaris di sepanjang musim ini, mulai lepas.

Winger andalan sekaligus kapten tim, Marco Reus, jadi pilar paling krusial yang kembali dari cedera. Pengaruhnya pada permainan Die Borussen bisa begitu besar apalagi dia merupakan mantan pemain Gladbach.

Duel akan berlangsung ketat dan menegangkan, tapi skor imbang dengan masing-masing tim sanggup mencetak gol tampak jadi hasil akhirnya.

Borussia Monchengladbach (4-4-2): Sommer; Elvedi, Christensen, Vestergaard, Wendt; Hermann, Strobl, Dahouh, Hofmann; Stindl, Hahn.

Borussia Dortmund (3-4-2-1)Burki; Piszczek, Sokratis, Ginter, Schmelzer; Weigl; Dembele, Castro, Kagawa, Reus; Aubameyang.

Prediksi Goal Indonesia: Gladbach 1-1 Dortmund

TAHUKAH ANDA

  • Ini jadi pertemuan ke-90 kedua tim sepanjang sejarah Bundesliga. Galdabch ironisnya kalah dalam tiga partai terakhir.
  • Selain itu dalam 41 pertemuan terakhir, tak sekalipun duel berakhir imbang kacamata. Terakhir terjadi pada 1995 silam di markas Gladbach.
  • Galdbach alami kekalahan terbesarnya di bawah asuhan Hecking, pekan lalu. Mereka dibantai Hoffenheim 5-3, padahal sebelumnya tak pernah kebobolan lebih dari dua gol.
  • Dortmund hanya sanggup menang empat kali dalam 15 partai terakhirnya di Bundesliga. Mereka pun terancam tak lolos ke Liga Champions musim depan.
  • Bomber Dortmund, Aubameyang, telah mencetak 26 gol di Bundesliga musim ini, Jadi yang tertinggi sepanjang sejarah kompetisi dan kariernya.
  • Gelandang andalan Gladbach yang musim depan hijrah ke Dortmund, Dahoud, mengoleksi enam assist hanya dari dua partai terakhirnya di Bundesliga.