PREVIEW Bundesliga Jerman: Borussia Dortmund – FC Koln

Borussia Dortmund diwajibkan menang atas FC Koln, untuk menyegel tiket ke Liga Champions musim depan.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Duel sulit bakal dihadapi Borussia Dortmund tatkala menjamu FC Koln di Signal-Iduna Park, pada spieltag 31 Bundesliga Jerman, Sabtu (29/4) malam WIB.

Bukan tanpa alasan karena meski unggul nama besar dan kualitas skuat, Koln sejak diasuh Peter Stroger bagai jadi tabu tersendiri buat Dortmund.

Dari lima bentrok yang sudah terjadi, tak sekalipun Dortmund menang, dengan dua kali kalah dan tiga kali imbang. Padahal sebelumnya Die Borussen mampu menyapu bersih delapan pertemuan beruntun dengan kemenangan.

Bagaimanapun kemenangan kali ini wajib hukumnya buat Dortmund. Lewat rengkuhan tiga poin, tim asal lembah Rhur tersebut dipastikan meraih tiket ke Liga Champions musim depan.

Dembele perannya semakin krusial untuk Dortmund

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Dortmund Kontra Koln

Tak heran bila kemudian pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, ingin anak asuhnya bisa tampil maksimal hadapi Koln. Apalagi momentum tim sedang bagus, setelah lolos ke final DFB-Pokal Jerman tengah pekan lalu usai menangi Der Klassiker.

“Tak bisa dipungkiri kemenangan di Der Klassiker mempertebal mental kami untuk akhiri musim ini dengan gemilang. Duel melawan Koln selalu berjalan berat, tapi kami ingin memastikan tiket Liga Champions musim depan lebih cepat,” ujar Tuchel, seperti dikutip Bild.

Dortmund diprediksi bakal turun dengan komposisi terbaiknya untuk partai ini. Perhatian utama akan terletak pada winger mudanya, Ousmane Dembele, yang perannya semakin krusial.

Tengah pekan lalu Dembele jadi bintang dalam Der Klassiker, lewat sumbangsih satu gol dan satu assist untuk bawa Dortmund menang 3-2. Siginifkansinya yang semakin besar, bisa jadi penentu The Black and Yellows lolos ke Liga Champions musim depan.

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Burki; Piszczek, Sokratis, Ginter, Schmelzer; Weigl; Dembele Castro, Kagawa, Reus, Aubameyang.

FC Koln (4-4-2)Horn; Olkowski, Subotic, Heintz, Hector; Jojic, Hoer, Lehmann, Bittencourt; Osako, Modeste.

Prediksi Goal Indonesia: Dortmund 3-1 Koln

TAHUKAH ANDA

  • Sejak dilatih Stroger, Koln tak pernah kalah hadapi Dortmund (2 menang, 3 imbang). Padahal Dortmund menang di delapan pertemuan sebelumnya.
  • Koln hanya sanggup raih tujuh poin dari 11 spieltag terakhir, Padahal mereka hanya kalah tiga kali di 17 laga awal Bundesliga.
  • Dortmund tak terkalahkan di 35 laga kandang terakhir. Mereka petik 29 kemenangan dan enam hasil imbang.
  • Koln hanya raih satu poin dari lima partai tandang terakhirnya, sejak kalahkan Darmstadt 6-1.
  • Dortmund hanya butuh satu kemenangan lagi untuk menyegel tiket ke Liga Champions musim depan.