PREVIEW Bundesliga Jerman: Borussia Dortmund – Eintracht Frankfurt

Dengan psikis yang masih terguncang dan mental yang terpuruk, mampukah Borussia Dortmund petik hasil positif dari Eintracht Frankfurt.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Borussia Dortmund bakal menjamu Eintracht Frankfurt di Signal-Iduna Park, pada spieltag 29 Bundesliga Jerman, Sabtu (15/4) malam WIB.

Laga ini hadir di tengah atmosfer negatif yang tebal menyelimuti Dortmund. Baik secara psikis maupun mental, menilik segala hal yang terjadi pada skuat arahan Thomas Tuchel tersebut.

Secara psikis, jelas. Skuat Dortmund masih dihantui rasa trauma karena tengah pekan lalu mendapat teror bom hingga salah satu pemainnya, Marc Bartra, dilarikan ke rumah sakit karena terkena ledakan.

Dari kacamata mental, Dortmund tengah memasuki periode buruknya. Kalah telak 4-1 dalam Der Klassiker kontrak Bayern Munich akhir pekan lalu, Die Borussen kemudian takluk di kandang saat menjamu AS Monaco dalam duel Liga Champions.

Belum lagi krisis cedera yang sejak awal tampak hinggap begitu setia. Enam pilar, termasuk sang kapten Marco Reus, masih harus terkapar di meja perawatan karena cedera.

Kagawa, bersinar di tengah krisis cedera

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Dortmund Kontra Frankfurt

Untungnya lawan yang akan dihadapi Dortmund adalah Frankfurt, salah satu lawan favorit. Fakta mengungkap tim asal lembah Ruhr tersebut selalu menang dalam enam bentrok terakhir.

Dortmund juga akan bermain di markasnya, Signal-Iduna Park. Tempat di mana mereka tak pernah gagal memetik poin di Bundesliga, dalam 34 pertandingan terakhir. Semakin terbantu, karena Frankfurt punya rekor superburuk di partai tandang.

Ante Rebic cs secara mengenaskan kalah dan gagal mencetak gol dalam enam dari tujuh laga tandang terakhirnya di Bundesliga. Dalam lima spieltag terkahir, Frankfurt juga tak pernah sekali pun petik kemenangan.

Sorotan dalam pertandingan ini lantas layak disematkan pada gelandang serang Dortmund, Shinji Kagawa. Penggawa Timnas Jepang itu belakangan melonjak secara performa, lewat dua gol dan tiga assist dari tiga partai terakhirnya di semua kompetisi.

Signifikansi Kagawa yang sejatinya belum pulih dari cedera, bisa sangat krusial untuk Dortmund petik tiga poin dari Frankfurt malam nanti.

Borussia Dortmund (3-4-2-1): Burki; Piszczek, Sokratis, Schmelzer; Passlack, Castro, Weigl, Guerreiro; Kagawa, Dembele; Aubameyang.

Eintracht Frankfurt (3-4-1-2): Hradecky; Vallejo, Abraham, Ordonez; Chandler, Mascarell, Gacinovic, Oczipka; Fabian; Rebic, Hrgota.

Prediksi Goal Indonesia: Dortmund 2-1 Frankfurt

TAHUKAH ANDA

  • Dortmund tak terkalahkan di 34 laga kandang terakhirnya, dalam ajang Bundesliga.
  • Dortmund memenangkan enam bentrok terakhir hadapi Frankfurt di semua kompetisi.
  • Dortmund minimal mencetak dua gol dalam delapan duel kandang terakhir hadapi Frankfurt.
  • Frankfurt gagal cetak gol dalam enam dari tujuh partai tandang terakhirnya di Bundesliga.
  • Frankfurt juga kalah di enam dari tujuh partai tandang terakhirnya di Bundesliga.