PREVIEW Bundesliga Jerman: Bayern Munich – Borussia Dortmund

Bayern Munich tidak akan diperkuat Manuel Neuer dan Thomas Muller, tetapi Borussia Dortmund diterpa masalah cedera yang jauh lebih parah.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Partai prestisius Der Klassiker jilid II pada Bundesliga musim ini akan hadir pada Sabtu (8/4) malam di Allianz Arena saat Bayern Munich meladeni tantangan Borussia Dortmund dalam laga Spieltag 28.

Duel ini berlangsung sebelum kedua kubu menghadapi partai yang tidak kalah gentingnya di perempat-final Liga Champions, midweek mendatang, dengan Bayern menjamu Real Madrid dan Dortmund didatangi AS Monaco di Westfalen. Dua rival besar ini juga dijadwalkan bertempur kembali di semi-final DFB-Pokal pada akhir bulan.

Bayern masih memimpin nyaman klasemen Bundesliga dengan keunggulan sepuluh poin atas runner-up RB Leipzig, dan 15 atas Dortmund di peringkat keempat. Namun, kemenangan tetap menjadi target krusial anak buah Carlo Ancelotti mengingat mereka sebelumnya baru menyerah 1-0 kontra Hoffenheim.

KLASEMEN BUNDESLIGA JERMAN

Dua kekalahan beruntun tidak akan menjadi bekal yang baik untuk persiapan The Bavarians jelang menghadapi Madrid.

Kiper utama Bayern Manuel Neuer dan penyerang Thomas Muller harus absen beraksi kontra BVB, tetapi pelatih Ancelotti menyatakan keduanya akan siap turun melawan El Real. Juga ada kemungkinan sang bos menyimpan Thiago Alcantara.

Dengan kedalaman skuat yang dimilikinya, eks bos Juventus dan AC Milan itu memang mendapati privilese untuk melakukan rotasi versus Dortmund yang diterpa krisis cedera parah.

Thomas Tuchel di kubu Die Schwarzgelben terancam kehilangan hingga delapan pemain inti untuk pertarungan di Allianz Arena. Andre Schurrle, Mario Gotze, Marco Reus, serta Erik Durm dipastikan berhalangan, sementara partisipasi sejumlah penggawa utama lainnya dalam tanda tanya.

“Julian Weigl diragukan, Shinji Kagawa diragukan, Lukasz Pisczczek diragukan. Situasinya sedikit lebih baik untuk Marc Bartra, yang memiliki problem punggung,” tutur Tuchel dalam konferensi pers, Jumat (7/4).

Montage lewandowski aubameyang

Terlepas dari persoalan amunisi, Tuchel mengaku tetap optimistis akan kans Die Borussen memetik hasil positif setelah sebelumnya menundukkan Die Rekordmeister 1-0 pada pertemuan pertama musim ini.

Paling tidak ia masih dapat mengandalkan Pierre-Emerick Aubameyang, penentu kemenangan dalam duel di Westfalen dan topskor sementara musim ini dengan 25 gol, unggul satu atas ujung tombak Bayern Robert Lewandowski.

“Penting bahwa kami pernah mengalahkan Bayern untuk memiliki keyakinan bahwa itu mungkin. Kalau Anda memberikan saya empat minggu tanpa cedera apa pun, saya katakan ya, kami di level yang sama dengan Bayern,” ujarnya.

“[Tapi] kami melawat ke Munich dalam mood percaya diri. Kami memperkirakan akan menghadapi tim terbaik Bayern dan percaya kami bisa menandingi mereka selama 90 menit.”

Ancelotti tidak kalah percaya diri dari tim tamu kendati baru kehilangan rekor tak terkalahkan di tahun kalender 2017 ini seturut hasil negatif di kandang Hoffenheim.

“Kami tahu kami memiliki beberapa pertandingan yang sangat sulit,, tetapi saya mempunyai keyakinan tinggi karena kami dalam bentuk terbaik saat ini. Saya yakin tim saya akan memberikan yang terbaik,” tegas sang Italiano.

Prakiraan Susunan Pemain

Bayern (4-2-3-1): Ulreich; Lahm, Boateng, Hummels, Alaba; Xabi Alonso, Vidal; Robben, Thiago, Ribery; Lewandowski

Dortmund (4-1-4-1): Burki, Piszczek, Sokratis, Bartra; Schmelzer; Weigl; Pulisic, Kagawa, Castro, Dembele; Aubameyang

Prediksi Goal Indonesia: Bayern 2-1 Dortmund