#PrepareToInspire: Inspirasi Pemain Yang Bangkit Dari Kesulitan

Ikuti kisah bagaimana kerasnya perjuangan untuk menjadi pesepakbola top dan bersiaplah untuk terinsipirasi. #PrepareToInspire.

Siapa sangka untuk menjadi pemain sepakbola terkenal yang bergelimang sukses harus melalui perjalanan yang tidak gampang?

Banyak contoh pesepakbola profesional terkenal yang melaluinya. Carlos Bacca, misalnya, penyerang andalan AC Milan ini dikenal sebagai sosok pekerja keras, memiliki naluri membunuh tinggi yang menjadi mimpi buruk buat bek-bek lawan. 

Gelar Liga Europa dua musim beruntun pada 2014 dan 2015 bersama Sevilla ikut mengangkat nama Bacca sebagai jajaran penyerang top dunia. 

Carlos Bacca Milan

Tapi tahukah Anda? Sebelum ini Bacca pernah melalui pengalaman hidup yang cukup pedih. 

Ketika usianya 20 – atau sepuluh tahun lalu – Bacca masih tinggal di kampung halamannya di Puerto Colombia. Ia bekerja sebagai nelayan bahkan kondektur bus menuju Barranquilla. Namun, di tengah kesulitannya menyambung hidup Bacca tak mau begitu saja mengubur impiannya menjadi pemain sepakbola. 

“Di usia 20 saya tinggal di kampung di Puerto Colombia, bekerja sebagai kondektur bus. Hidup saat itu jauh dari kemudahan. Saya dari keluarga miskin dan harus menghasilkan uang untuk membantu mereka.”

“Pintu sepakbola tertutup untuk saya dan di usia saya saat itu, ini bukan sesuatu yang saya pertimbangkan lagi. Tapi kemudian saya menjalani trial untuk Junior de Barranquilla dan untungnya, mereka memilih saya,” kenang Bacca. 

Meski begitu, Bacca tidak pernah menyesali periode kelam yang pernah dihadapi. 

“Saya bangkit dan terus menjalani hidup. Orang berani bukan mereka yang membiarkan dirinya tenggelam tapi mereka yang mampu bangkit lebih kuat.” 

Juan Cuadrado Sampdoria Juventus Serie A

Pengalaman tak kalah menyedihkan juga pernah dialami Juan Cuadrado, sayap Juventus asal Kolombia. Cuadrado kehilangan ayahnya yang tewas tertembak para Narcos – geng bandar narkoba – saat usianya baru empat tahun. 

Ia kemudian harus membantu ibunya bekerja sebagai pengepak buah, sebelum kemudian tinggal bersama neneknya, Marcela Guerrero. Kegigihan Cuadrado bermain sepakbola bikin sang nenek berang. 

“Saya mengantarnya ke sekolah tapi ia biasa pulang dalam kondisi kotor gara-gara main sepakbola. Saya menghukum dan memukulnya karena kekacauan yang ia buat,” kenang nenek Marcela. 

Itu cerita Bacca dan Cuadrado. Lain lagi dengan cerita terakhir berikut ini. Bagaimana jika Anda diolok-olok teman sepermainan saat masih kecil karena luka bekas kecelakaan? 

Pilihannya hanya dua, terpuruk dengan ejekan teman atau bangkit menatap masa depan. Dan rupanya Ribery memilih mengabaikan olok-olok temannya dengan hanya fokus bermain sepakbola. 

Penggawa Bayern Munich ini tak hanya terkenal dengan skill-nya beratraksi di lapangan hijau, tapi ia juga memiliki bekas lukas yang menjadi ciri khas di wajahnya. 

FRANCK RIBERY BAYERN MÜNCHEN GERMAN BUNDESLIGA 08042017

Ribery mengalami kecelakaan mobil ketika usia dua tahun, sehingga ia harus mendapat 100 jahitan di wajah. 

“Ketika itu saya duduk di kursi belakang dan terlempar hingga ke depan. Dalam hal tertentu, kecelakaan ini membantu saya. Sebagai anak-anak, ini memotivasi saya,” beber Ribery. 

“Saya bangga dengan luka saya. Ini memberikan kekuatan dan menempa karakter saya. Anda harus kuat secara mental. Anda harus kuat mental untuk menahan ejekan anak-anak lain dan tatapan aneh orang-orang.” 

“Dan inilah saya. Ini wajah saya, saya bangga dengan wajah saya. Mengapa saya harus tidak bahagia?” 

Itulah secuil kisah dari sederet pesepakbola ternama yang sempat mengalami pahitnya hidup, tapi mampu bangkit mengatasinya dan menjadi sosok #PrepareToInspire. Dengan kerja keras dan semangat tinggi, tidak ada yang mustahil dalam meraih mimpi. Dan tentu, pengalaman menakjubkan mereka ini menjadi inspirasi bagi kita untuk pantang menyerah. 

Apakah Anda juga memiliki kisah meraih mimpi yang penuh lika-liku? Lalu bagaimana persiapan Anda untuk mewujudkan mimpi tersebut dan menjadi inspirasi banyak orang? Ceritakan kepada NIVEA MEN dan jadilah ikon #PrepareToInspire!