Periode Transfer Di Liga 1 2017

LIB membagi waktu pendaftaran pemain di Liga 1 dalam dua periode.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Liga 1 2017 dipastikan bakal mulai bergulir pada 15 April 2017. Ada 18 klub yang mengikuti kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu.

Perekrutan pemain pun telah dilakukan oleh masing-masing klub agar bisa bersaing di kompetisi musim ini. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi juga sudah menetapkan masa pendaftaran pemain di Liga 1. 

Berdasarkan pasal 30 regulasi Liga 1 2017, LIB membagi waktu pendaftaran pemain menjadi dua periode, yang nantinya akan disampaikan secara tertulis kepada seluruh klub terkait periode pendaftaran itu.

“Periode pendaftaran pertama dimulai dari tanggal 1 April 2017 sampai dengan tanggal 30 April 2017,” tulis pasal 30 poin 2 dalam regulasi itu.

Sedangkan untuk periode pendaftaran kedua, dimulai pada saat putaran pertama Liga 1 berakhir sampai dengan 14 hari setelah putaran kedua Liga 1 berjalan.

Sementara itu, berdasarkan pasal 31 di regulasi itu tertera klub dapat melakukan pendaftaran pemain sekurang-kurangnya 18 pemain dan sebanyak-banyaknya 30 pemain. Dalam kuota tersebut, klub wajib mendaftarkan pemain dengan usia di bawah 23 tahun (kelahiran 1 Januari 1995 dan setelahnya) sekurang-kurangnya lima pemain.

SIMAK JUGA: Bagaimana Regulasi ‘Marquee Player’, Pembatasan Usia & Pergantian Lima Pemain Di Liga 1?

Selain itu, klub juga diperbolehkan mengontrak dua pemain asing yang berasal dari negara mana saja dan satu pemain asing dari negara anggota AFC. Ditambah, satu pemain asing berstatus marquee player.

SIMAK JUGA: BOPI Resmi Keluarkan Rekomendasi Liga 1

“Klub diperbolehkan melakukan pendaftaran pemain di luar kuota dalam hal terdapat pemain yang dipanggil tim nasional di setiap saat. Jumlah pemain yang dapat didaftarkan harus sama jumlahnya dengan jumlah pemain yang dipanggil oleh tim nasional,” lanjut pasal 31 di regulasi itu.

“Klub wajib mendaftarkan sekurang-kurangnya tiga orang penjaga gawang.”

“Apabila klub tidak dapat memenuhi persyaratan pendaftaran sekurang-kurangnya 18 Pemain pada tanggal 8 April 2017, maka klub tersebut dapat dipertimbangkan untuk tidak dapat mengikuti Liga 1,” tegasnya.

Selanjutnya, dalam pasal itu juga tertulis klub hanya diperbolehkan untuk melakukan pencabutan pemain dari pendaftaran pada saat periode pendaftaran berlangsung dengan menyampaikan formulir pencabutan pemain. Klub pun hanya dapat melakukan penambahan pemain sesuai dengan kuota yang masih tersedia hanya pada saat periode pendaftaran pemain berlangsung.