MAN OF THE MATCH AS Roma 1-3 Lazio: Balde Diao Keita

Balde Keita menjadi pemain paling berpengaruh di derby della Capitale dengan mencetak dua gol yang mengantar Lazio segel kemenangan.


OLEH   TEGAR PARAMARTHA     Ikuti di twitter


Striker muda Lazio asal Senegal, Balde Keita, kembali menciptakan catatan impresif di Serie A Italia. Setelah mencetak hat-trick dalam kurun waktu lima menit pekan lalu kala membantu tim melibas Palermo 6-2, kali ini pemain berusia 22 tahun itu mencuat di laga bergengsi Derby della Capitale.

Keita menjadi penentu kemenangan Lazio atas rival sekota mereka, AS Roma, setelah memborong dua gol dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 3-1 tersebut. Hasil itu sangat penting bagi Gli Aquilotti, selain menjadi kemenangan derby perdana sejak lima tahun terakhir, tambahan tiga angka membuat posisi mereka di zona Eropa semakin kukuh dari kejaran duo Milan.

BERITA – Lazio Bungkam AS Roma Dalam Laga Derby

Keita membuka keunggulan timnya di Olimpico melalui sepakan kaki kiri di menit ke-12 usai menerima umpan dari Milinkovic-Savic. Roma sempat membalas melalui penalti Daniele De Rossi, tapi Lazio kembali unggul setelah tembakan Dusan Basta di awal paruh kedua mengecoh Szczesny.

Dusan Basta Lazio

Di tengah gempuran pemain Roma, Keita menyegel kemenangan Lazio ketika pertandingan menyisakan lima menit. Pemain kelahiran Spanyol itu memanfaatkan serangan balik untuk mendapatkan posisi bebas di kotak penalti sebelum menaklukkan Szczesny untuk kedua kalinya.

Dengan dua gol ke gawang Roma, Keita menjadi pemain Lazio pertama yang mencetak brace di Derby della Capitale sejak Roberto Mancini yang masih berstatus sebagai pemain pada November 1998 silam.

Sejauh ini, Keita telah membukukan total 13 gol di kasta tertinggi sepakbola Italia, yang menjadi catatan terbaiknya dalam tiga musim terakhir di Olimpico. Masih berusia 22 tahun, nama Keita akan menjadi aset sangat berharga bagi klub apabila ia terus mempertahankan performa positifnya pada pertandingan-pertandingan berikutnya.