Madura United FC Ambisi 'Go Public'

Achsanul sudah meminta perusahaan jasa konsultasi dan pengembangan investasi untuk membantu klub bisa go public.


OLEH   DONNY AFRONI


Manajemen Madura United FC berambisi menembus bursa saham agar bisa mendapatkan pendanaan dari pasar modal di masa mendatang. Ambisi ini menjadi bagian dari rencana klub agar tetap hidup.

Hal itu diungkapkan presiden klub Achsanul Qosasi saat memperkenalkan Peter Odemwingie sebagai marquee player mereka di Liga 1 2017 kemarin. Menurut Achsanul, klub tidak bisa hanya mengandalkan pendapatan dari sponsor dan suporter, tapi juga sektor lainnya.

SIMAK JUGA: “Peter Odemwingie, Pilihan Tuhan Yang Tak Mahal”

Achsanul menambahkan, menembus bursa saham merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pendanaan bagi klub. Achsanul telah menunjuk perusahaan jasa konsultasi dan pengembangan investasi PT Pool Advista Indonesia Tbk untuk merealisasikan hal itu. Perusahaan ini merupakan salah satu sponsor Madura United.

“Beberapa hari yang lalu, saya menyampaikan laporan keuangan klub di ISC [Indonesia Soccer Championship] kemarin sebagai bentuk pertanggungjawaban klub ini kepada sponsor. Laporan keuangan Madura United sudah selesai disusun, dan saat ini sedang disusun pengeluarannya oleh akuntan publik,” tutur Achsanul.

SIMAK JUGA: RESMI: Peter Odemwingie Gabung Madura United

“Tujuannya adalah agar sponsor kami, Pool Advista, agar bagaimana caranya nanti, begitu pertanggungjawaban terkelola dengan baik, keuangan dikelola dengan baik, dan ini bicara tentang sustainability [keberlangsungan], satu-satunya jalan adalah kita go public.”

“Kami daftarkan di IPO [mekanisme penawaran umum perdana saham], dan saya mandatkan kepada teman-teman di Pool Advista yang memang jagonya di sana untuk menjalankan mandat ini.”