Laporan Pertandingan: Wolfsburg 0-6 Bayern Munich

Bayern pesta setengah lusin gol di markas Wolfsburg untuk menyegel gelar juara Bundesliga 16/17 meski menyisakan tiga pekan pertandingan.


OLEH   TEGAR PARAMARTHA     Ikuti di twitter


Hasil imbang yang dipetik RB Leipzig beberapa saat sebelumnya, membuat Bayern Munich hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara dan mereka mampu menuntaskannya meski di kandang lawan.

Bertandang ke markas Wolfsburg, skuat asuhan Carlo Ancelotti tetap menampilkan performa menyerang. Tuan rumah terus ditekan melalui serangan bergelombang dan akhirnya jebol pada menit ke-19.

David Alaba mengeksekusi tendangan bebas dengan sangat sempurna di daerah kiri pertahanan Wolfsburg untuk menaklukkan Koen Casteels dan mengubah skor menjadi 1-0.

Agresivitas Bayern tidak berkurang meski unggul satu gol, di pertengahan paruh pertama, skor nyaris berubah seandainya Casteels tidak melakukan penyelamatan gemilang mementahkan tembakan Robert Lewandowski dan Thomas Muller secara beruntun.

Namun, pada sepuluh menit terakhir, pertahanan rapat Wolfsburg mulai longgar. Lewandowski memanfaatkan lubang yang ada dengan mencetak dua gol pada menit ke-36 dan 45 untuk menutup babak pertama dengan keunggulan telak tiga gol tanpa balas.

KLASEMEN BUNDESLIGA JERMAN 2016/17

Paruh kedua, Wolfsburg mencoba mengejar ketertinggalan, serangan cepat di awal membuat pertahanan Bayern kerepotan namun pada akhirnya tidak membuahkan apapun. Sementara, Bayern juga terlihat masih belum puas, mengingat mereka yang sudah tersingkir dari ajang Liga Champions dan DFB Pokal.

Pada menit ke-66, Arjen Robben memperlebar keunggulan tim tamu menjadi 4-0, pemain veteran asal Belanda itu mencetak gol dengan ciri khasnya, menyisir sisi kanan sebelum menusuk ke dalam dan melepaskan tembakan kaki kiri.

Pemain tuan rumah semakin frustrasi dan kapten Luis Gustavo akhirnya tidak bisa menahan emosi sehingga melakukan pelanggaran tidak perlu yang membuatnya mendapat kartu kuning kedua.

Bahkan, dari tendangan bebas pelanggaran tersebut, Bayern justru mencetak gol kelima mereka pada laga ini di menit ke-80. Eksekusi dilakukan saat lini belakang Wolfsburg masih terpukul dengan kartu merah Gustavo, Lewandowski menyambut bola dan melepaskan tembakan yang menerpa tiang, Muller tepat di depan gawang untuk menyambar bola muntah.

Pesta belum berakhir, lima menit kemudian, Robben dengan leluasa menguasai bola di kotak penalti Wolfsburg dan melepas umpan yang kemudian dimaksimalkan oleh Joshua Kimmich untuk menggenapkan kemenangan menjadi enam gol tanpa balas.

Gol itu menjadi yang terakhir di pertandingan ini dan memastikan Bayern mempertahankan titel Bundesliga untuk lima musim secara beruntun sejak 2013 silam.