Laporan Pertandingan: Villarreal 3-1 Athletic Bilbao

The Yellow Submarine kini unggul empat poin dari Athletic, yang juga mengejar finis di zona Liga Europa.


OLEH  DEWI AGRENIAWATI


Villarreal mengukuhkan posisi mereka di tempat kelima La Liga Spanyol via kemenangan masif 3-1 atas Athletic Bilbao, yang juga mengincar tempat ke Eropa musim depan. 

Victor Ruiz, yang kemudian diusir wasit di babak kedua, membawa Villarreal unggul dan gol-gol dari Cedric Bakambu serta Adrian Lopez di babak kedua mengunci kemenangan tuan rumah setelah Aymeric Laporte sempat mencetak gol penyama untuk Athletic. 

The Yellow Submarine harus bermain dengan sepuluh orang di sisa 16 pertandingan menyusul kartu merah Ruiz, namun mereka mampu mempertahankan keunggulan dan memperlebar jarak menjadi empat poin dari peringkat keenam Athletic. 

Tuan rumah, yang secara mengejutkan kalah 3-2 dari Eibar di laga kandang terakhir, memecah kebuntuan di menit ke-17 ketika Ruiz memanfaatkan bola rebound setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Athletic menyusul umpan silang Samu Castillejo. 

Namun, tim tamu tak membiarkan posisi ketinggalan bertahan lama, ketika Laporte menyamakan skor dengan melepaskan tembakan voli untuk memanfaatkan umpan Benat Etxebarria. 

Kedudukan seri 1-1 bertahan sampai turun minum, tapi Villarreal dengan cepat mengembalikan keunggulan hanya dua menit pascajeda ketika Bakambu menjangkau umpan brilian Roberto Soriano. 

Skor kemudian berubah menjadi 3-1 di menit 58 ketika Adrian, yang masuk sebagai pengganti Samu di babak pertama, menceploskan bola dari jarak dekat setelah Ruiz memberikan bola dengan umpan menyilang. 

Sayang, Ruiz tidak dapat terlibat lebih lama di pertandingan karena ia mendapat kartu merah langsung menyusul pelanggaran keras terhadap Inaki Williamz, meski demikian tim tamu — yang dua kali peluangnya membentur mistar gawang — tak dapat memanfaatkan keunggulan jumlah pemain.