Laporan Pertandingan: Sporting Gijon 2-3 Real Madrid

Sempat dua kali tertinggal, Madrid akhirnya mampu membawa poin sempurna dari markas Gijon berkat gol penentu Isco di penghujung laga.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Rotasi pemain besar-besaran yang dilakukan Real Madrid nyaris berakhir fatal saat melawat ke kandang tim papan bawah Sporting Gijon dalam partai lanjutan La Liga Spanyol, Sabtu (15/4) malam WIB. Beruntung, Madrid memiliki Isco yang di partai ini mencetak dua gol, termasuk sebuah gol penentu di menit ke-90, untuk menghadirkan kemenangan comeback ­3-2.

Raupan tiga poin ini membawa Los Blancos memperlebar jarak di puncak klasemen La Liga menjadi enam poin dengan Barcelona, yang beberapa jam ke depan akan melangsungkan duel kontra Real Sociedad. Sementara Gijon masih terbenam di posisi ketiga dari bawah.

SIMAK JUGA: Klasemen La Liga

Mengingat partai leg kedua perempat-final Liga Champions kontra Bayern Munich bakal digelar tiga hari berselang, pelatih Zinedine Zidane melakukan banyak pergantian di laga ini. Trio BBC — Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Karim Benzema — ditepikan sepenuhnya, sementara Toni Kroos dan Luka Modric hanya duduk di bangku cadangan.

Situasi ini berhasil dimanfaatkan Gijon dengan menghadirkan tekanan di awal pertandingan. Setelah peluang Carlos Carmona digagalkan Nacho Fernandez, serangan Gijon berikutnya di menit ke-14 berbuah hasil. Duje Cop mampu mengontrol umpan lambung cantik dari Mikel Vesga dengan baik sebelum melepaskan tembakan keras yang tak bisa dibendung Kiko Casilla.

Beruntung, Madrid langsung membalas gol kejutan Gijon tersebut tiga menit kemudian lewat aksi brilian Isco. Gelandang Madrid itu melewati tiga pemain tuan rumah sebelum melepaskan sepakan kaki kiri menawan yang bersarang di pojok gawang Ivan Cuellar, 1-1.

Momen tersebut membuat Madrid bangkit di pertengahan babak dengan menciptakan sejumlah peluang. Di antaranya tandukan Alvaro Morata, gol tap-in Morata yang dianulir, hingga tembakan jarak dekat Lucas Vazquez. Sayang, tidak ada gol tambahan tercipta hingga turun minum.

Sporting Gijon Real Madrid La Liga

Alvaro Morata Sporting Gijon Real Madrid La Liga

Di babak kedua, gebrakan Madrid tidak berkurang. Nacho mengawalinya lewat sebuah tandukan menyambut tendangan bebas James Rodriguez, namun masih bisa ditepis oleh Cuellar. Di saat tim tamu berupaya mencetak gol cepat di babak kedua, justru Gijon yang mampu melakukan hal itu di menit ke-50 melalui tandukan Mikel Vesga menyambut assist sundulan dari Jean-Sylvain Babin.

Namun, seperti halnya di babak pertama, gol Gijon tersebut kembali direspons Madrid dengan cepat. Berselang sembilan menit, Danilo mengirimkan umpan silang cantik ke tengah kotak penalti yang mampu disambut oleh tandukan keras Morata yang membuat Cuellar tak berkutik, 2-2.

Tak lama berselang, Morata kembali harus menyaksikan golnya dianulir. Kemudian terdapat aksi individual Isco yang melewati enam pemain sebelum diakhiri lewat sepakan deras Marcelo yang masih melenceng tipis. Di seperempat jam terakhir, tim tamu kian gencar menekan untuk mengincar gol kemenangan.

Upaya itu akhirnya tercipta di menit ke-90. Berawal dari penguasaan bola yang buruk dari Gijon, Marcelo langsung mengirim bola ke Isco. Dari luar kotak penalti, Isco melepaskan tembakan mendatar yang bersarang di pojok bawah jala Cuellar.

Di tempat lain, Deportivo La Coruna mampu mengakhiri catatan tidak pernah menang dalam empat laga terakhir dengan menundukkan tamunya Malaga 2-0. Tandukan Joselu dan sepakan Pedro Mosquera di babak kedua sudah cukup untuk mengantar Super Depor menjauh dari zona degradasi dengan selisih sembilan poin.

 

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): Casilla; Danilo, Nacho, Ramos, Coentrao (Marcelo 57’); Isco, Kovacic (Casemiro 89’), James; Vasquez, Morata, Asensio (Mariano Diaz 71’)

Sporting Gijon (5-4-1): Cuellar; Castellano, Mere, Babin, Amorebieta, Lopez; Carmona, Alvarez (Akram Afif 92’), Vesga, Moi Gomez (Cases 69’); Cop (N’Di 79’)