Laporan Pertandingan: Persib Bandung 2-0 Sriwijaya FC

Kemenangan atas Sriwijaya FC menempatkan Persib di peringkat kedua klasemen sementara.


OLEH   DONNY AFRONI


Persib Bandung berhasil meraih kemenangan perdana di Liga 1 2017 setelah dalam pertandingan yang berlangsung ketat sukses mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (29/4) malam WIB.

Hasil itu mengantarkan Persib menempati peringkat dua klasemen sementara setelah mengumpulkan poin lima, terpaut dua angka dari Semen Padang yang berada di puncak. Sedangkan Sriwijaya FC turun satu tangga ke posisi delapan dengan nilai empat.

Babak pertama

Persib yang bermain di hadapan ribuan suporternya langsung memperagakan permainan agresif setelah wasit meniupkan peluit kick-off. Skema ofensif ini membuat pertahanan Sriwijaya FC harus bekerja keras.

Upaya Persib untuk mengungguli lawannya lebih dulu terwujud ketika laga memasuki menit ke-12. Tantan menusuk dari sisi kiri serangan, dan selanjutnya memberikan umpan kepada Atep yang berdiri bebas tanpa pengawalan, sehingga tanpa kesulitan menceploskan bola ke dalam gawang Teja Paku Alam.

SIMAK JUGA: Zalnando Siap Duel Lawan Febri Hariyadi

Kecolongan gol Atep, Sriwijaya FC mulai bermain terbuka, dan berusaha menekan pertahanan Persib. Slamet Budiyono menebarkan ancaman pada menit ke-24, tapi tendangannya dari luar kotak penalti dapat ditepis I Made Wirawan.

Kolaborasi Atep dan Tantan kembali mengancam gawang Sriwijaya FC pada menit ke-35. Tantan yang kali ini menusuk dari sisi kanan serangan melepaskan umpan ke depan gawang. Atep mendorong bola dengan dadanya, tapi dapat diamankan Teja.

Sriwijaya FC membalas serangan Persib dengan menekan pertahanan tuan rumah. Yu Hyun Koo mencoba peruntungannya dengan melepas tendangan keras dari luar kotak penalti, namun membentur mistar gawang. Skor 1-0 ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua

Permainan Persib dan Sriwijaya FC tidak mengalami perubahan, dan tetap memperagakan permainan terbuka di babak kedua. Persib berusaha menggandakan keunggulan, sedangkan Sriwijaya FC ingin menyamakan kedudukan.

Sriwijaya FC mengancam pertahanan Persib di awal babak kedua, tapi Yu dan Alberto ‘Beto’ Goncalves tidak bisa memaksimal peluang tersebut untuk mengubah papan skor.

SIMAK JUGA: Djanur Minta Jaga Ekspektasi Pada ‘Marquee Player’ Persib

Pertarungan antara Persib dan Sriwijaya FC makin sengit setelah kedua tim menhalami kesulitan. Sriwijaya FC berusaha memanfaatkan set-piece untuk menjebol gawang Persib, tapi tidak membuahkan hasil.

Stadion GBLA bergemuruh setelah Febri Hariyadi menggandakan keunggulan pada menit ke-77. Umpan terobosan pemain pengganti Shohei Matsunaga diselesaikan Febri dengan memperdayai Teja.

Di waktu tersisa, Sriwijaya FC berusaha mengejar ketertinggalan. Tendangan bebas Yu di masa injury time membuat Made Wirawan harus menepis bola, sehingga hanya menghasilkan sepak pojok. Persib akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan sekaligus memastikan kemenangan dengan skor 2-0.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persib: I Made Wirawan; Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Henhen Herdiana (Wildaansyah 46′), Raphael Maitimo, Dedi Kusnandar, Gian Zola (Billy 66′), Febri Hariyadi, Atep (Matsunaga 46′), Tantan (Essien 79′).
Cadangan: M Natshir Fadhil; Wildansyah, Hariono, Agung Mulyadi, Kim Jeffrey Kurniawan, Michael Essien, Shohei Matsunaga, Carlton Cole, Billy Keraf.

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Sriwijaya FC: Teja Paku Alam; Rudolof Yanto Basna, Firdaus Ramadhan, Gilang Ginarsa (Airlangga 78′), Yoo Hyun Koo, Hendra Sandi (Rachmad 46′), Slamet Budiyono (M Nur Iskandar 46′), Manda Cingi, Indra Permana, Alberto Goncalves, Hilton Moreira.
Cadangan: M Sandy Firmansyah; Zalnando, Bobby Satria, Rachmad Hidayat, Marckho Sandy Merauje, M Nur Iskandar, Talaohu Abdul Mushafry, Maldini Pali, Airlangga Sucipto.

Pelatih: Oswaldo Lessa

 

Footer Goal Indonesia Instagram