Laporan Pertandingan: Malaga 2-0 Barcelona

Kartu merah Neymar harus dibayar mahal oleh Barcelona, seiring mereka tak mampu membalas dua gol tuan rumah Malaga.


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


Barcelona gagal memanfaatkan hasil imbang derby Madrid setelah kalah 2-0 dari Malaga, Minggu (9/4) dini hari WIB. Dalam laga La Liga ini, Blaugrana bermain dengan sepuluh orang karena Neymar menerima dua kartu kuning.

Tampil di kandang lawan, Barcelona tidak tampil segarang biasanya. Mereka kesulitan menembus pertahanan rapat Malaga dan menciptakan peluang. Kalaupun berhasil, Carlos Kameni sebagai palang akhir tuan rumah berhasil menggagalkannya.

Pasukan Luis Enrique bahkan hanya mampu mencetak satu peluang emas di paruh pertama. Luis Suarez berhasil mematahkan kawalan untuk melepaskan tendangan voli. Namun, Kameni berhasil menepis bola sebelum masuk gawangnya.

SIMAK JUGA – Enrique: Malaga Tes Bagus Buat Barca

Situasi ini bertolak belakang dengan Malaga yang memanfaatkan serangan balik sepanjang laga. Walau jarang menyerang, tim tamu selalu membuat pertahanan Barca kelimpungan. Marc-Andre ter Stegen sampai harus memungut bola dari gawangnya di menit ke-31. Sandro Ramirez, eks pemain Barca, jadi pencetak gol usai mematahkan jebakan off-side.

Tertinggal satu gol, Enrique melakukan dua pergantian setelah jeda. Andres Iniesta dan Sergi Roberto masuk lapangan, sementara Denis Suarez dan Jeremy Mathieu ditarik keluar.

Neymar Malaga Barcelona La Liga

Pergantian ini ternyata tak membawa dampak signifikan. Blaugrana tetap kesulitan mengoyak rapatnya koordinasi Malaga. Sebaliknya, Ramirez nyaris mencetak gol kedua lewat serangan balik cepat tuan rumah – kali ini diamankan oleh Ter Stegen.

Kondisi Barcelona memburuk setelah Neymar menerima kartu kuning kedua. Megabintang Brasil itu melanggar Diego Llorente di menit ke-66 dan wasit mengusirnya keluar. Bermain dengan sepuluh pemain, Barca tambah kesulitan membongkar gawang Malaga.

SIMAK JUGA – Romario: Neymar Terbaik Dunia Saat Ini

Pertandingan mendekati masa-masa kritis di sepuluh menit akhir. Barcelona terus menghujani gawang Malaga dengan ancaman. Malang bagi tim tamu, Kameni tampil impresif di depan gawang dan menggagalkan semuanya.

Sentuhan pembunuh Malaga akhirnya tercipta di menit tambahan. Sekali lagi lewat serangan balik, Charles membawa bola ke kotak penalti. Bintang Malaga itu memperdaya Ter Stegen untuk mengoper bola pada Jony. Dengan mudah, ia mengunci kemenangan Malaga.

Kekalahan ini membuat Barca tertahan di peringkat kedua La Liga, kalau saing tiga poin dari Real Madrid yang masih menyimpan satu laga di puncak klasemen.