Laporan Pertandingan: Liverpool 3-1 Everton

Liverpool memastikan Merseyside tetap berwarna merah setelah tiga gol dari Mane, Coutinho, dan Origi menjebol gawang Everton.


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


Merseyside dipastikan berwarna merah Minggu (1/4) ini setelah Liverpool menang 3-1 atas Everton di Anfield. Kemenangan ini sekaligus membawa The Reds naik ke peringkat tiga Liga Primer Inggris.

Jurgen Klopp menurunkan formasi 4-3-3 andalannya, tapi ada pergantian di dua posisi. Dejan Lovren menggantikan peran Ragnar Klavan, sementara Lucas Leive jadi alternatif Adam Lallana. Di sudut biru, Ronald Koeman memainkan susunan 3-4-3 yang sedang jadi tren di Inggris.

The Reds langsung membongkar pertahanan Everton di menit kedelapan. Sadio Mane menjalin umpan satu-dua dengan Roberto Firmino, menggiring bola ke tengah kotak penalti, lalu melepas sepakan kaki kiri. Bola menyusur tanah dan mengoyak sudut gawang Joel Robles yang hanya terpana.

SIMAK JUGA – Lima Fakta Menarik EPL Pekan 30

Walau bermain dengan tiga bek tengah, koordinasi antarbek Everton terlalu longgar. Phil Jagielka dan Ashley Williams menciptakan ruang tembak untuk Mane, sehingga gol pembuka bisa tercipta dengan cepat.

The Toffees mendapat harapan tak lama kemudian, seiring Leighton Baines mengirim umpan silang ke kotak penalti. Romelu Lukaku, topskor sementara EPL, gagal menjangkau bola, tapi Dominic Calvert-Lewin ada dalam posisi bebas. Sayang, pemuda itu gagal menguasai bola sempurna dan peluang melayang.

Si Biru baru berhasil membalas di menit ke-29. Bermula dari sepak pojok, bola mengarah pada Lukaku. Lovren berhasil menghalau sang striker, tapi Matt Pennington menyasar bola muntah dan jala Simon Mignolet pun bergetar.

Sadio Mane Liverpool Premier League

Gol pembuka Mane di derby Merseyside.

Dua menit kemudian, Philippe Coutinho malah memamerkan sihirnya di hadapan publik Anfield. Menerima umpan dari Emre Can di tengah, target transfer Barcelona itu menggiring bola sendirian ke kotak. Tiga pengawal berhasil dilewati, lalu sang gelandang menusuk ke tengah dan melepaskan sepakan lengkung andalannya. Kali ini Robles bereaksi, tapi tak mampu menghalau bola masuk gawangnya lagi.

Babak kedua, Everton berusaha memukul balik dengan serangan cepat. Serangan tersebut berujung pada umpan Ross Barkley pada Williams, tapi mantan bek Swansea City itu gagal menjebol gawang Mignolet.

Pertandingan berlangsung keras setelahnya dan Mane jadi korban pertama. Winger Senegal tersebut menerima tekel keras dari Baines sehingga harus dipapah keluar. Divock Origi masuk lapangan untuk menggantikan.

SIMAK JUGA – Goal Retro: Kontroversi Derby Merseyside Di Millenium Ketiga

Striker Belgia itu malah memberikan dampak nyata tiga menit setelah masuk lapangan. Menerima operan Coutinho, ia menusuk ke depan kotak untuk menyepak bola keras-keras. Robles terlambat bereaksi sehingga harus rela gawangnya dijebol untuk ketiga kali.

Mason Holgate melepas tembakan keras tak lama berselang. Adapun tendangannya yang berbelok mampu diamankan oleh Mignolet. Performa apik Lovren dan Joel Matip membuat Toffees jarang menemukan ruang tembak tepat malam ini, sehingga tugas Mignolet turut menjadi ringan.

Tempo pertandingan sedikit menurun di 15 menit akhir. Liverpool menarik keluar Coutinho dan Firmino dalam periode tersebut, sementara Trent Alexander-Arnold dan Ragnar Klavan masuk berurutan. Tampil defensif, laskar Anfield sukses mengunci kemenangan 3-1 di derby Merseyside.