Laporan Pertandingan: Lazio 0-3 Napoli

Napoli semakin tidak terkejar di posisi ketiga setelah sanggup menghajar rival terdekatnya tiga gol tanpa balas.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Duel antara peringkat ketiga dan keempat Serie A Italia yang diprediksi berlangsung sengit akhirnya berjalan timpang setelah Napoli tanpa ampun membabat tuan rumah Lazio dengan skor telak 3-0, Senin (10/4) dini hari WIB.

Jose Callejon membuka keunggulan Napoli di babak pertama sebelum Lorenzo Insigne mengukir brace di babak kedua untuk membuat publik Olimpico terbungkam. Kemenangan ini memantapkan posisi armada Maurizio Sarri di zona Liga Champions sekaligus memperlebar jarak tujuh poin dengan Lazio.

SIMAK JUGA: Klasemen Serie A

Kedua tim tampil di semi-final Coppa Italia tengah pekan lalu, namun dengan nasib berbeda. Napoli disingkirkan Juventus, sementara Lazio melaju ke partai puncak setelah mengeliminasi rival sekota AS Roma. Meski demikian, Napoli tampak lebih percaya diri di partai ini dengan selalu mengambil inisiatif serangan sejak kick-off.

Lazio sebetulnya lebih dulu membuat peluang di awal laga, namun Napoli-lah yang mampu lebih dulu membuka keunggulan lewat Jose Callejon di menit ke-25 setelah menuntaskan pergerakan segitiga apik dari Dries Mertens dan Marek Hamsik. Menerima umpan Mertens, Hamsik langsung melepaskan crossing mendatar nan deras yang gagal dicegat Thomas Strakosha sehingga Callejon dengan mudah melakukan tap-in.

Jelang turun minum, Pepe Reina hampir membuat blunder ketika mengejar Ciro Immobile sampai ke pojok lapangan. Beruntung, tembakan jarak jauh Immobile ke gawang kosong masih melebar. Napoli kemudian melancarkan serangan balik, dengan Lorenzo Insigne terbebas sendirian setelah dipandu Mertens. Sayang, tembakan Insigne menyamping sehingga Napoli batal menutup babak pertama dengan keunggulan dua gol.

José Maria Callejon Lazio Napoli Serie A

Lorenzo Insigne Lazio Napoli Serie A

Seusai jeda, permainan tidak banyak berubah di mana Partenopei mampu mempertahankan agresivitas serangan. Hamsik bahkan langsung membuat dua peluang yang hampir berujung gol. Tekanan gencar tim tamu akhirnya berbuah hasil di menit ke-51. Sebuah umpan chip Allan berhasil disambar Insigne dan bersarang di pojok gawang Lazio. Ini adalah momen penebusan Insigne setelah membuang peluang emas di penghujung paruh pertama.

Sejak tertinggal 2-0, Biancoeleste mengubah strategi dan terlihat lebih berani menyerang. Pemain pengganti Keita Balde Diao nyaris memperkecil keadaan lewat sentuhan pertamanya. Tuan rumah kemudian mencatatkan peluang beruntun melalui Immobile, Sergej Milinkovic-Savic, Patric, dan Keita. Sayang tidak ada satu pun yang mampu menembus gawang Reina.

Kans terbaik didapatkan Patric di menit ke-72, namun Insigne bertindak heroik dengan mampu menyapu bola di depan gawang. Armada Simone Inzaghi terus menekan di sisa laga, namun di masa injury time justru Napoli yang sanggup memperbesar skor menjadi 3-0. Insigne mampu mencetak gol keduanya seusai menuntaskan permainan ciamik Napoli yang dibangun dari lini belakang.  

 

Susunan Pemain:

Lazio (3-4-2-1): Strakosha; Bastos (Hoedt 52’), Wallace, Radu; Basta (Patric 59’), Parolo, Murgia (Keita 52’), Lukaku; Felipe Anderson, Milinkovic-Savic; Immobile 

Napoli (4-3-3): Reina; Hysaj, Raul Albiol, Koulibaly, Strinic; Allan, Jorginho, Hamsik (Rog 79’); Callejon (Zielinski 74’), Mertens (Milik 79’), Insigne