Laporan Pertandingan: Borussia Dortmund 0-0 Koln

Dominasi pertandingan, dual gol dianulir, Dortmund dipaksa bermain imbang tanpa gol oleh Koln di Signal Iduna Park.


OLEH   TEGAR PARAMARTHA     Ikuti di twitter


Borussia Dortmund langsung menggebrak pertahanan Koln sejak menit pertama, pergerakan Christian Pulisic dan umpan-umpan Shinji Kagawa paling banyak merepotkan tim tamu.

Bahkan pada menit ke-14, Pierre-Emerick Aubameyang sukses menjebol gawang Timo Horn, namun sayang wasit menganulirnya karena Kagawa yang terlibat dalam set-play sudah berada dalam posisi offside.

Semenit berselang, gawang Koln kembali nyaris bobol, serangan balik cepat membuat pertahanan tidak siap, Marco Reus sukses menusuk ke kotak penalti dan bermaksud memberi umpan namun bola membentur bek lawan dan mengarah ke gawang, beruntung Neven Subotic dengan gesit menghalau bola sebelum melewati garis gawang.

Tekanan demi tekanan dilakukan Dortmund, Reus juga sempat membobol gawang Horn pada menit ke-34, tetapi lagi-lagi wasit membatalkannya karena hakim garis telah mengangkat bendera offside.

Koln bukan tanpa peluang, Milo Jojic mendapat peluang emas saat menerobos pertahanan dari sisi kanan, tetapi tembakannya masih melenceng tipis. Tidak ada gol tercipta di paruh pertama, dan Koln bisa berbangga karena mereka menjadi klub pertama yang mampu meredam agresivitas Dortmund dalam mencetak gol selama 45 menit pertama.

BERITA – LIBAS BAYERN MUNICH, BORUSSIA DORTMUND TEMBUS FINAL DFB POKAL

Kiper Koln semakin sibuk di paruh kedua, baru lima menit berjalan Horn dipaksa melakukan dua penyelamatan impresif untuk mementahkan peluang Reus dan Marcel Schmelzer.

Situasi yang terus buntu meski mendominasi, membuat pelatih Thomas Tuchel memasukkan bintang muda Ousmane Dembele pada menit ke-66 menggantikan Reus. Pemain asal Prancis itu nyaris langsung memberi kontribusi setelah mendapat ruang tembak satu menit kemudian, sayang sepakannya masih bisa diredam oleh kiper.

Pengaruh Dembele di atas lapangan sangat terasa, serangan-serangan tuan rumah semakin bervariasi dan tajam, Dominasi dan tekanan terus dipegang oleh Aubameyang dan kawan-kawan tetapi pertahanan disiplin Koln sukses memaksa Dortmund harus puas dengan skor imbang tanpa gol hingga laga usai.

Hasil ini membuat Dortmund terancam tergusur dari posisi tiga besar, apabila Hoffenheim meraih kemenangan pada pertandingan besok (30/4). Sementara tambahan satu angka yang diraih Koln bisa disyukuri karena mengukuhkan posisi mereka di papan tengah.