Laporan Pertandingan: Atalanta 2-2 Juventus

Gol Remo Freuler di menit akhir membuyarkan asa Bianconeri untuk bisa membawa pulang raihan tiga poin krusial dari lawatan ke Bergamo.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Juventus harus puas berbagi angka dalam kunjungan ke Stadio Atleti Azzurri d’Italia setelah ditahan imbang Atalanta 2-2 dalam lanjutan Serie A Italia, Sabtu (29/4) dini hari WIB. Tambahan satu angka itu membuat jarak Bianconeri dengan AS Roma yang menguntit di posisi kedua kini menjadi sembilan poin.

Kendali permainan langsung berusaha dipegang pasukan Bianconeri sejak awal. Tapi efektivitas serangan nyaris membuat Atalanta unggul terlebih dahulu saat laga berjalan tiga menit melalui serangan balik yang dirancang Hans Hateboer, namun sayang umpan silangnya terlambat disambar Alejandro Gomez.

Skema tiga bek yang diterapkan Atalanta mampu membuat barisah penyerang Juventus frustrasi. Serangan balik menjadi andalan tuan rumah dan kembali memiliki kesempatan pada menit ke-21 lewat tendangan spekulasi Rafael Toloi dari luar kotak penalti yang bisa diamankan Gianluigi Buffon.

Menit ke-33, giliran Juventus yang punya kans untuk bisa membuka keunggulan namun gagal setelah tembakan Gonzalo Higuain menyamping. Empat menit berselang ganti Juan Cuadrado menebar ancaman, akan tetapi tendangan first-time winger asal Kolombia itu tak mengarah tepat ke sasaran.

Spinazzola Atalanta Juventus Serie A

Gomez menjadi pemain yang paling sering merepotkan pertahanan Juventus dan benar saja, gelandang mungil asal Argentina itu menjadi kreator gol Atalanta yang datang beberapa saat sebelum turun minum dengan umpannya dieksekusi dengan sempurna oleh Andrea Conti.

Juventus baru bisa menyamakan kedudukan setelah lima menit memasuki babak kedua. Sebuah tendangan bebas Miralem Pjanic awalnya tak mengarah kepada satu pun rekannya, namun kesalahan fatal dilakukan pemain Atalanta yang dipinjam dari Juventus, Leonardo Spinazzola yang justru memasukkan bola ke gawang sendiri.

Empat menit setelah kebobolan, Atalanta memberikan respons instan namun Buffon melakukan penyelamatan dengan mementahkan peluang Gomez. Juventus yang berhasil menyamakan kedudukan berusaha untuk terus meningkatkan intensitas serangan mereka sembari berhati-hati menghadapi skema serangan balik lawan.

Menit ke-73, Juventus nyaris berbalik unggul andai kiper Atalanta, Etrit Berisha tak melakukan penyelamatan brilian kala menggagalkan upaya Higuain melalui tendangan voli terukur. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan pasukan Massimiliano Allegri ketika laga memasuki sepuluh menit akhir.

Tifosi Juventus bersorak lepas tujuh menit sebelum laga bubar ketika tandukan Dani Alves yang berada di tiang jauh ketika menyambut umpan silang Pjanic tak mampu dijangkau oleh Berisha. Tapi kemenangan yang sudah di depan mata harus pupus setelah Remo Freuler mencetak gol bagi Atalanta beberapa saat jelang laga berakhir.