Laporan Pertandingan: Ajax 2-0 Schalke

Gelandang muda Belanda ini mencetak sepasang gol untuk memastikan kemenangan Ajax atas Schalke di leg pertama delapan besar Liga Europa.


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


Ajax mengunci kemenangan 2-0 atas Schalke 04 dalam leg pertama delapan besar Liga Europa, Jumat (14/4) dini hari WIB. Davy Klaassen memborong semua gol dalam laga yang digelar di Amsterdam Arena.

Tuan rumah tampil meyakinkan sejak menit awal pertandingan. Ajax menguasai jalannya permainan dengan mengendalikan jalur bola. Adapun tak ada peluang emas yang tercipta hingga sepuluh menit awal.

SIMAK JUGA – Sanchez Tertarik Gabung Barcelona

Klaassen nyaris menggandakan keunggulan laskar Amsterdam jelang jeda, tapi sepakannya masih digagalkan oleh mistar. Paruh pertama pun berakhir dengan keunggulan satu gol tuan rumah.

Siapa sangka, keunggulan akhirnya terpecahkan di menit ke-23. Amin Younes melakukan aksi individu dan sukses menusuk ke kotak penalti, tapi dilanggar oleh Schopf. Wasit tanpa ragu menunjuk titik putih. Klaassen ditunjuk jadi algojo dan menunaikan tugasnya dengan baik.

Di paruh kedua, situasi tak banyak berubah. Schalke yang menelan tiga kekalahan dalam lima laga terkini masih tampil inferior. Ajax pun memanfaatkan situasi dan terus menekan tamunya tersebut.

Gol kedua tercipta tak lama setelah jeda turun minum. Klaassen kembali mencatatkan namanya di papan skor. Bermula dari umpan cantik Justin Kluivert, Klaassen mengambin ancang-ancang untuk melepas tembakan dari jarak sekitar sepuluh meter. Ralf Fahrmann tak berkutik.

SIMAK JUGA – Anderlecht Paksa United Bermain Imbang

Keunggulan tersebut berhasil dipertahankan oleh Ajax. Schalke mulai mendapatkan temponya di pengujung paruh kedua, tapi sudah terlambat. Pasukan Peter Bosz mengamankan satu kakinya di semi-final Liga Europa.

Sementara itu di pertandingan Olympique Lyonnais kontra Besiktas, sempat terjadi kerusuhan antarsuporter. Wasit memutuskan untuk menghentikan pertandingan, tapi laga kembali berjalan setelah 45 menit.