Kenangan Giovanni Trapattoni Saat Latih Antonio Conte

Pelatih legendaris Italia itu mengenang masa kala melatih Antonio Conte di Juventus.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Pelatih flamboyan Italia, Giovanni Trapattoni, mengenang masa-masa ketika dirinya melatih Antonio Conte di Juventus. Itu terjadi pada musim 1991/92, ketika sang pemain baru diboyong dari Lecce di usia 22 tahun.

Mr Trap kemudian mengungkit satu laga besar di mana Juve harus takluk dari Bayern Munich, akibat kesalahan yang dilakukan Conte.

SIMAK JUGA: Conte Isyaratkan Kembali Ke Serie A

Dari situ sang pelatih legendaris justru bisa melihat Conte sebagai sosok juara sejati karena sanggup bangkit dari kesalahan. Dia kemudian jadi legenda klub dan membawa mentalitasnya ketika kini jadi pelatih top.

“Antonio [Conte] membuat kesalahan dalam duel tersebut [menghadapi Bayern] dan membuat kami kalah dalam satu pertandingan,” kisah Trap, seperti dikutip Daily Mail.

SIMAK JUGA: Guardiola Serang Balik Conte

“Sebagai pelatih, Anda tak bisa fokus pada kesalahan individu. Anda harus melihat di balik itu dan fokus ke kualitas pemain Anda. Kemudian saya melihat kualitas sejati dalam diri Conte, sebagai seorang juara.

“Dalam bahasa Italia, kata untuk menyebut hati adalah cuore. Itu dimulai dengan C, sama seperti Champion. Jika anda punya hati, Anda bisa menerima kesalahan Anda dan belajar. Itulah yang Conte lakukan,” pungkasnya.