Kemenpora Peringatkan PSSI Segera Koordinasi Ke BOPI Untuk Liga 1

Hingga saat ini, PSSI belum mengajukan permohonan verifikasi ke BOPI untuk Liga 1.


OLEH   MUHAMAD RAIS ADNAN


Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali memperingatkan PSSI untuk segera berkoordinasi dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Itu terkait verifikasi klub-klub Liga 1 2017 yang akan mulai berkompetisi pada 15 April 2017.

“PSSI dan khususnya manajemen PT Liga Indonesia Baru sudah seharusnya sejak awal (jauh-jauh hari) melakukan koordinasi dan menyampaikan permohonan verifikasi kepada BOPI. Mengingat BOPI masih tetap diakui keberadaannya sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang untuk menerbitkan rekomendasi kegiatan keolahragaan profesional,” kata Gatot S. Dewa Broto, sekretaris Menpora dikutip laman resmi Kemenpora.

SIMAK JUGA: Kemenpora Hormati Keputusan Andri Syahputra

Lebih lanjut, Gatot menjelaskan hal ini dilakukan bukan bermaksud untuk mendorong BOPI mempersulit PSSI dalam mempersiapkan Liga 1. Tapi untuk membantu PSSI melakukan pembenahan agar era reformasi PSSI bisa berjalan secara konsisten diterapkan di semua lini. 

SIMAK JUGA: Regulasi Liga 1 Bikin Sriwijaya FC Terkejut

“Khususnya terkait kepatuhan PSSI terhadap aturan FIFA dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu, Gatot juga memaparkan apa saya persyaratan yang harus dipenuhi PSSI maupun klub kepada BOPI. Berikut lima hal yang dipersyaratkan BOPI terhadap PSSI, operator dan klub Liga 1:
 
1. Seluruh klub peserta kompetisi Liga 1 harus segera melunasi tunggakan kewajibannya kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial tim dengan menyertakan bukti pelunasan (jika ada yang masih memiliki tunggakan).

2. Seluruh klub peserta kompetisi Liga 1 harus menyertakan dokumen kontrak kerja professional pemain, pelatih dan ofisial tim kepada BOPI.

3. Operator kompetisi Liga 1 (PT Liga Indonesia Baru) dan seluruh klub peserta harus menyerahkan NPWP,  bukti pembayaran dan pelunasan pajak, serta persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh BOPI.

4. Khusus mengenai persyaratan garansi bank dapat dipenuhi oleh seluruh klub paling lambat pada pertengahan musim kompetisi Liga 1.

5. Dalam penyelenggaraan kompetisi Liga 1, rekomendasi BOPI menjadi salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi dalam proses perizinan keramaian yang dikeluarkan oleh Polri.