Kemenpora Belum Bisa Bersikap Terkait Polemik KITAS Di Liga 1

Kemenpora bakal menunggu tanggapan lebih dulu dari Imigrasi terkait masalah tersebut.


OLEH   MUHAMMAD RIDWAN


Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum mau bersikap terkait polemik Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) yang kini sedang ramai. Ini karena mereka masih menunggu respons yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. 

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menuturkan pihaknya saat ini hanya bisa menanti tanggapan dari Imigrasi. Sebab, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sudah mengirimkan surat laporan ke sana terkait masalah KITAS para pemain asing yang berlaga di Liga 1.

SIMAK JUGA: Ketua Umum PSSI Angkat Bicara Soal KITAS Carlton Cole & Michael Essien

“Kami menunggu jawaban dari surat yang dikirimkan BOPI ke sana [Imigrasi]. Jadi setelah ada jawaban kami baru bisa bersikap seperti apa,” kata Gatot di kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (18/4).

Lebih lanjut, Gatot menuturkan kalau upaya yang dilakukan BOPI dengan melaporkan masalah tersebut sudah baik. Mengingat ini dalah untuk kebaikan sepakbola nasional seperti yang diinginkan Presiden RI Joko Widodo.

“Lebih baik kami dan BOPI yang mengingatkan, daripada nanti petugas Imigrasi yang langsung turun, bisa lebih repot lagi,” tambah mantan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Olahraga Kemenpora tersebut.

SIMAK JUGA: BOPI Sebut Ada 25 Pemain Asing Yang Belum Miliki KITAS

Masalah KITAS tersebut mencuat setelah Persib Bandung menurunkan Michael Essien dan Carlton Cole saat laga pembuka Liga 1 melawan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (15/4). Padahal, kedua pemain itu belum memegang KITAS.

Selain Essien dan Cole, BOPI menyatakan ada 25 pemain asing lainnya dari 11 klub peserta Liga 1, yang belum mengantongi KITAS. Hal tersebut juga sudah dilaporkan BOPI ke Imigrasi.