Jose Mourinho Mungkin Alihkan Fokus Ke Liga Europa

Jika secara matematika United mustahil finis empat besar, kans mereka untuk lolos ke Liga Champions via jalur juara Liga Europa.


OLEH   DEWI AGRENIAWATI


Jose Mourinho mengatakan Manchester United berpeluang mengalihkan fokus dari Liga Primer Inggris ke Liga Europa jika mereka kehilangan kesempatan finis empat besar pekan ini. 

Setan Merah masih tertahan di peringkat kelima, lima poin di belakang Manchester City yang mengantungi kelebihan satu laga, setelah ditahan Bournemouth dan West Bromwich Albion di tiga pertandingan terakhir mereka. 

Mereka akan menghadapi Everton pada Selasa dan jumpa tim papan bawah Sunderland pada Minggu, namun di antara delapan laga yang tersisa mereka masih harus meladeni Chelsea, City, Arsenal dan Tottenham. 

SIMAK JUGA: Saatnya Arsenal Ucapkan ‘Bye-Bye, Wenger’

Sebelumnya, Mou memang mengindikasikan bakal memprioritaskan Liga Europa — di mana United diunggulkan melawan Anderlecht di perempat-final bulan ini — karena dari kompetisi inilah mereka berpeluang lolos ke Liga Champions musim depan. Meski belum menyatakan lempar handuk dalam pengejaran empat besar liga, ia mengatakan target mungkin berubah setelah dua pertandingan berikutnya. 

“Saya hanya ingin berpikir, melawan Everton kami akan melakukan apa yang kami coba lakukan [melawan West Brom], bermain dengan tim terbaik kami dan berusaha memenangi pertandingan, dan setelah Everton kami pergi ke Sunderland dengan perspektif sama,” kata Mou, dikutip Espn. 

“Dan setelah Sunderland laga Liga Europa datang dan saya tidak tahu. 

SIMAK JUGA: Mou Ragukan Daya Juang Luke Shaw

“Lalu, menjadi sebuah kemungkinan Anda melihat saya main di Liga Primer dengan tim di mana saya akan melindungi para pemain yang menurut saya fundamental untuk Liga Europa — tapi, ini akan dilakukan hanya jika hasil di pertandingan berikutnya menempatkan kami pada situasi mustahil untuk menembusnya. 

“Sampai secara matematika mustahil [finis empat besar], kami akan terus mencoba. Karena pekan ini tanpa Liga Eurpopa, kami tak memikirkan apa pun tentang Liga Europa. Pekan ini mudah. Dari pandangan fokus, ini mudah. Kami main lawan Everton, lalu Sunderland, dan di dua pertandingan ini kami harus memikirkan tentang Liga Primer, bukan yang lain. 

“Setelah laga melawan Sunderland, kami memiliki Anderlecht dan perempat-final Liga Europa sangat penting bagi kami.”