Fisik Pemain PSM Makassar Digenjot Di Pantai

Wina menyebutkan, selain meningkatkan kebugaran pemain, latihan di pantai bertujuan menyegarkan pemain.


OLEH   DONNY AFRONI & MUHAMMAD SHOLIHIN


Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts masih belum puas dengan tingkat kebugaran pemainnya, sehingga mengajak mereka berlatih di Pantai Bira Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, hari ini.

Media officer PSM Andi Widya Syadzwina mengungkapkan, mereka hanya berlatih sore hari di pantai, dan malamnya menggelar pertemuan tim. Penggawa PSM kembali ke Makassar, Senin (10/4), untuk melakoni laga uji coba terakhir melawan Celebest FC dua hari kemudian.

SIMAK JUGA: PSM ‘Launching’ Tim Sehari Sebelum ‘Kick-Off’ Liga 1

“Untuk agenda hari ini langsung latihan penyegaran di Pantai Bira. Program ini sengaja dilaksanakan untuk bisa membantu meningkatkan stamina setiap pemain yang memang belum begitu maksimal,” jelas Wina dinukil laman Antara.

“Dua agenda itulah yang fokus dijalankan selama di Bira. Ini tentu sebagai upaya untuk membuat tim semakin solid demi menjaga persaingan di liga nanti.”

Sementara itu, penggawa asing diharapkan mampu memberikan kontribusi besar di Liga 1, sekaligus menjadi contoh bagi pemain lokal. Saat ini, PSM memiliki tiga legiun asing, yakni bek Steven Paulle, gelandang Wiljan Pluim, dan striker Reinaldo Elias da Costa.

SIMAK JUGA: PSM Datangkan Gelandang Dundee FC

“Besar harapan pemain asing yang dimiliki PSM akan lebih baik dari pada pemain lokal. Kalau sama ngapain dikontrak, karena harganya pasti berbeda. Tentu pemain asing bisa menjadi contoh buat semua pemain lokal PSM,” kata eks bek Juku Eja era 90-an Faisal Maricar.

“Saya rasa dua pemain [Pluim dan Paulle] sudah menunjukan permainan yang cukup bagus, namun masih akan dilihat pada kompetisi nanti, karena semua tim juga tengah mempersiapkan tim sebaik mungkin. Reinaldo belum bagus, dan ini akan menjadi tugas Pelatih untuk mengangkat performa tim.” (gk-69)