Duo Brasil Inspirator Comeback Liverpool

Philippe Coutinho dan Roberto Firmino sekali lagi tampil gemilang untuk Liverpool saat menjungkalkan tuan rumah Stoke City pada akhir pekan.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Dalam sebuah momen istimewa untuk fans Liverpool, Roberto Firmino melakukan sprint untuk menyongsong umpan jauh dari Georginio Wijnaldum, menyambarnya dengan tembakan voli dari tepi kotak penalti melewati kiper Lee Camp dan bola pun menggetarkan jala Stoke City.

Itu gol yang sangat indah, tetapi yang lebih penting lagi itu menjadi gol kedua Liverpool dalam jarak hanya dua menit dan melengkapi kemenangan comeback mereka 2-1 melawan Stoke pada Sabtu (8/4) lalu.

Usai melewati pekan padat, manajer Jurgen Klopp memutuskan membangkucadangkan Philippe Coutinho dan Firmino untuk laga di Bet365 Stadium dan memasang dua pemain remaja Ben Woodburn serta Trent Alexander-Arnold dalam susunan inti tim. Yang menarik, terdapat empat mantan penggawa Reds – Joe Allen, Charlie Adam, Peter Crouch, dan Glen Johnson – di dalam skuat The Potters.

LAPORAN PERTANDINGAN: STOKE CITY 1-2 LIVERPOOL

Liverpool kesulitan di babak pertama dan tertinggal 1-0 ketika Jon Walters menyundul masuk umpan Xherdan Shaqiri menjelang turun minum. Hari di Stoke mendadak jadi kelabu untuk laskar Klopp.

Namun, energi tim seketika kembali seturut masuknya Firmino dan Coutinho ke lapangan pada awal paruh kedua. Coutinho, sang maestro Liverpool, sebelumnya jatuh sakit dan diberikan sedikit waktu istirahat di babak pertama. Begitu turun, pemain Brasil yang menunjukkan performa super dalam tiga laga terakhir tersebut langsung unjuk gigi.

Setelah mengobrak-abrik pertahanan Stoke, Coutinho melesakkan gol penyeimbang dengan tembakan keras dari jarak 12 yard memanfaatkan sebuah bola liar. Aksi tersebut merupakan gol ke-30 eks pemain Inter itu di Liga Primer dan menjadikannya pemain Brasil tersubur di Inggris. Telah mengumpulkan sembilan gol, musim ini menjadi kampanye tersubur Coutinho di EPL, melebihi catatan terbaiknya pada edisi kemarin (8).

#takemetoAnfield #MalaysiaAirlines

Cuma berselang 126 detik, Firmino yang notabene kompatriotnya asal Brasil mencetak gol kemenangan spektakuler untuk semakin mengukuhkan status Liverpool sebagai “Comeback Kings”. Mereka kini sudah mengoleksi 18 poin dari posisi tertinggal di Liga Primer musim ini, rekor tertinggi di antara seluruh kontestan.

Skor 2-1 di Stoke sekaligus menandai kemenangan tandang pertama Liverpool pada 2017. The Potters selalu sukar ditaklukkan di kandang, tetapi The Reds, dengan Coutinho dan Firmino tampil sebagai inspirator, mampu merengkuh tiga angka.

Di bawah mistar, Simon Mignolet juga memainkan peran tak kalah krusial dengan sejumlah penyelamatan brilian, terutama ketika ia mementahkan upaya Saido Berhaino and Charlie Adam, untuk memastikan Liverpool menggondol kemenangan.

“Simon Mignolet menyelamatkan hidup kami,” sahut Klopp pascalaga. “Target tercapai, rasanya menyenangkan. Cuaca cerah, 63 poin, saya tak bisa merasa lebih baik lagi.”

Liverpool kini menempati posisi ketiga dan menggenggam peluang bagus untuk mengamankan tiket Liga Champions.