Dele Alli: Saya Gelandang, Bukan Striker

Alli terinspirasi legenda Liverpool Gerrard, untuk menjadi gelandang subur gol.


OLEH   DEWI AGRENIAWATI


Dele Alli menampik klaim ia dapat dijadikan sebagai striker menyusul kesuburan bersama Tottenham Hotspur musim ini.

Gol ke-16 Alli di Liga Primer Inggris musim ini membantu Spurs membekuk Watford 4-0 weekend lalu, sekaligus menjaga asa juara. 

Bintang internasional Inggris ini tampil bersinar dengan formasi 3-4-2-1 yang diterapkan manajer Mauricio Pochettino, di mana ia diberi kebebasan di belakang Harry Kane. Dengan Kane sudah dua kali masuk meja perawatan akibat cedera dan Vincent Janssen kesulitan menemukan bentuk terbaik di Inggris, Alli disebut-sebut sebagai opsi potensial untuk dijadikan striker, namun ia menolak opini tersebut.

SIMAK JUGA: Pochettino Kecam Nominasi PFA Of The Year 2017

“Saya jelas seorang gelandang,” tegas Alli kepada Sky Sports

“Ketika saya mulai main di depan, di mana Kane main, saya tidak merasa nyaman. 

“Saya tumbuh dengan banyak menyaksikan Steven Gerrard dan ia seorang nomor delapan jadi saya ingin main di sana, tapi ketika kompetisi seperti ini Anda bermain di mana pun manajer menginginkannya. Dan saya tidak dapat komplain, saya sangat senang di mana pun bermain. 

“Dengan fomasi tiga bek memberikan saya lebih banyak kebebasan dan peluang mencetak gol lebih banyak. Kadang saya harus berkerja untuk berada di belakang Kane dan memberinya lebih banyak ruang untuk melepaskan tembakan. Tapi seperti yang saya katakan, saya adalah gelandang.”