Craig Shakespeare, Carlo Ancelotti, Leonardo Jardim – Siapa Pelatih Terbaik Eropa Maret?

Craig Shakespeare memanen hasil sempurna semenjak menggantikan Claudio Ranieri, sementara Carlo Ancelotti juga membuat Bayern Munich tidak terbendung.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Start sempurna Craig Shakespeare menangani Leicester City membuatnya berhak menembus nominasi Pelatih Terbaik Eropa Maret versi Goal Indonesia, yang pemenangnya ditentukan oleh suara pembaca.

Naik pangkat dari posisi asisten seturut pemecatan Claudio Ranieri, Shakespeare tanpa diduga mampu menjadi solusi instan The Foxes untuk keluar dari keterpurukan. Setelah memukul Liverpool 3-1 dalam debutnya pada akhir Februari, pria 53 tahun ini lalu memborong empat kemenangan dalam empat pertandingan sepanjang Maret, termasuk mengalahkan Sevilla 2-0.

SIAPA PEMAIN TERBAIK EROPA MARET?

Alhasil, tak hanya meninggalkan papan bawah klasemen Liga Primer Inggris, Kasper Schmeichel dkk. juga meraih pencapaian historis melaju ke perempat-final Liga Champions dalam kampanye debut mereka.

Shakespeare toh bukan satu-satunya pelatih yang mengemas rekor 100 persen bulan kemarin.

Carlo Ancelotti juga menorehkan hasil serupa bersama Bayern Munich. Die Roten tidak terbendung dalam total lima pertandingan yang mereka lakoni. Catatan Die Rekordmeister terasa kian spesial bila menilik selisih gol mereka: menggelontorkan 15 gol dan hanya kejebolan dua. Robert Lewandowski cs. masih berpeluang tampil sebagai kampiun dalam tiga kejuaraan yang mereka ikuti.

Mauricio Pochettino Tottenham Hotspur Champions League 02112016

Stefano Pioli Torino Inter Serie A 18032017

Kandidat lainnya adalah Mauricio Pochettino, manajer Tottenham Hotspur yang juga menyapu bersih kemenangan pada Maret. The Lilywhites menundukkan Everton 3-2 dan Southampton 2-1 di Liga Primer, juga menggulingkan Millwall enam gol tanpa balas di Piala FA. Menilik konstelasi klasemen EPL saat ini, skuat Pochettino adalah satu-satunya klub yang masih memiliki kans realistis untuk mengadang Chelsea ke tangga juara.

Rekor sempurna diraih pula oleh Leonardo Jardim bersama AS Monaco bulan lalu.Setotal lima klub menjadi korban ketangguhan Monaco di bawah pelatih asal Portugal tersebut, termasuk Manchester City yang dipaksa menyerah 3-1 di ajang Liga Champions. Streak ini memastikan Si Merah-Putih terus berkuasa di singgasana tabel Ligue 1 dan meraih tiket babak delapan besar UCL.

Stefano Pioli, allenatore Inter, melengkapi daftar nominasi seturut keberhasilannya mempersembahkan hasil positif dalam tiga partai Serie A Italia di bulan Maret. La Beneamata tidak terkalahkan dan merebut sepasang kemenangan dengan skor mencolok. Tuan rumah Cagliari dihajar 5-1, sementara Atalanta harus bertekuk lutut 7-1 di Giuseppe Meazza.

Di antara para kandidat di atas, siapa yang Anda dukung untuk dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Eropa Maret? Berikan pilihan di bawah ini!