Chelsea & Tottenham Hotspur, Dua Kuda Pacu Menuju Garis Finis

Chelsea dan Tottenham sama-sama memetik kemenangan krusial di pekan ke-33 sehingga membuat lima laga sisa kian menarik untuk dicermati.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Petualangan Chelsea di musim ini tengah berada pada saat-saat menentukan. Kedatangan Antonio Conte memang terbukti mampu membangkitkan performa The Blues setelah keterpurukan di musim lalu. Namun, tidak sah rasanya jika kebangkitan itu gagal diejawantahkan lewat gelar juara.

Chelsea, menariknya, berpeluang merengkuh double winners di musim perdana Conte bertugas di Stamford Bridge, yakni gelar Liga Primer Inggris dan Piala FA. Titel Piala FA tinggal selangkah lagi digenggam setelah The Blues memegang tiket final dan akan menantang Arsenal pada 27 Mei.

Sedangkan di Liga Primer, yang kini tinggal menyisakan lima partai, situasinya bisa dibilang lebih sulit. Kendati Chelsea masih memimpin puncak klasemen dengan keunggulan empat poin dari pesaing terdekat, Tottenham Hotspur, segalanya masih terjadi sampai pekan pamungkas pada 21 Mei.

SIMAK JUGA: Klasemen Liga Primer Inggris

“Bangga terhadap pencapaian ini. Musim ini adalah periode pertama saya di Inggris dan sangat hebat tim ini mampu berjuang meraih gelar liga serta mencapai final Piala FA. Ini adalah prestasi hebat buat saya, pemain, dan fans,” kata Conte seusai memastikan diri lolos ke final Piala FA dengan menyingkirkan Tottenham 4-2 di semi-final.

Kendati gagal menjegal langkah Chelsea di Piala FA, Tottenham masih berkesempatan membalasnya di Liga Primer. Akan tetapi, melihat jadwal di lima laga penghabisan, ambisi Tottenham untuk mendongkel Chelsea dari tampuk klasifika dan menjadi juara sepertinya menjadi misi yang amat sulit dicapai.

Ya, selain harus memangkas jarak empat poin dengan Chelsea, Tottenham akan menghadapi jadwal yang lebih berat ketimbang rival sekotanya itu. Terdapat bigmatch kontra Arsenal dan Manchester United, yang meski keduanya digelar di White Hart Lane, tetap saja tidak menggaransi tiga poin dengan gampang.

GFXID Chelsea Spurs Vaseline

Lalu masih ada duel kontra juara bertahan Leicester City, derby kontra West Ham United, dan laga pamungkas melawan Hull City. Klub yang disebut terakhir berpotensi menghadirkan kesulitan tersendiri lantaran tengah berjuang menghindari degradasi. Walau demikian, The Lilywhites pantang bersikap pesimistis.

“Kami tidak boleh berfokus pada Chelsea. Kami punya lima laga sulit. Kami harus memenangkannya untuk membuka peluang [menjadi juara], dan semoga kami bisa melakukannya,” seru topskor klub Harry Kane, selepas memetik kemenangan tipis 1-0 atas Crystal Palace, Kamis (27/4) dini hari WIB, guna merespons kemenangan 4-2 Chelsea atas Southampton sehari sebelumnya.

Chelsea sendiri tidak boleh terlena dengan jadwal yang relatif lebih mudah ketimbang Spurs. Satu hal yang berpotensi melukai kans juara Chelsea adalah terlalu seringnya gawang mereka kebobolan. Terakhir kali Gary Cahill dkk. mencatat clean sheet di liga terjadi saat melawan Hull pada 22 Januari lalu. Sejak itu, gawang Thibaut Courtois tak pernah steril dalam 11 partai selanjutnya.

SIMAK JUGA: Spurs Catat Perolehan Poin Terbaik Di Era EPL

Tottenham tentu berharap lawan-lawan Chelsea berikutnya (Everton, Middlesbrough, West Bromwich Albion, Watford, dan Sunderland) bisa memanfaatkan titik lemah tersebut. Sudah barang tentu Tottenham sangat mengharapkan Chelsea terpeleset supaya pacuan dua kuda tetap berlangsung ketat sampai garis finis.

Selain itu, armada Mauricio Pochettino juga berharap selisih gol yang saat ini lebih superior ketimbang Chelsea bisa menjadi hal yang krusial di saat terakhir andai kedua tim finis dengan poin sama. Namun jika gagal menjadi juara, Tottenham tidak perlu berkecil hati.

Finis di atas Arsenal setidaknya menjadi target yang lebih realistis bagi Tottenham dan juga merupakan prestasi yang layak dibanggakan.