Berapa Kekayaan Bersih Cristiano Ronaldo & Berapa Gaji Bintang Real Madrid Itu?

Kapten Portugal ini meneken kontrak baru dengan Los Blancos akhir tahun lalu dan ia juga memiliki sponsor dan kerajaan bisnis untuk keuangannya.


OLEH   TEGAR PARAMARTHA     Ikuti di twitter


Cristiano Ronaldo menjuarai Euro 2016, Liga Champions dan Ballon d’Or 2016 sekaligus mengambil kesempatan untuk menguangkan apa yang mungkin menjadi titik puncak dalam karirnya sebagai pesepakbola.

Bintang Real Madrid itu menandatangani kontrak baru untuk memperpanjang masa baktinya di ibukota Spanyol pada November dan juga memperbarui plus memulai beberapa kontrak dengan sponsor plus bisnis.

Tetapi, tepatnya berapa kekayaan bersih Ronaldo sekarang? Sulit mengatakan secara pasti tetap yang jelas dia adalah atlit dengan bayaran tertinggi di dunia, mengungguli rivalnya di Barcelona, Lionel Messi dan bintang basket LeBron James.


Berapa gaji Ronaldo?


Cristiano Ronaldo Real Madrid

Ronaldo menandatangani kontrak baru dengan Madrid pada November 2016 tetapi tidak diyakini mendapat peningkatan secara signifikan pada gaji £365,000 per pekan yang ia dapatkan. Kesepakatan baru berlaku hingga 2021 mendatang.

Kapten Portugal itu menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di Eropa dan mendapat sedikit lebih banyak dari rekannya, Gareth Bale, yang dari banyak sumber menempati posisi kedua. Lionel Messi juga mendapat lebih dari £300,000 per pekan sebelum pajak.

BERITA MADRID – Alasan Cristiano Ronaldo Pilih No.7

Dua pesepakbola yang memiliki gaji lebih besar dari Ronaldo bermain di Tiongkok dan mereka meneken kontrak tahun ini. Carlos Tevez dilaporkan mendapat £615,000 per pekan di Shanghai Shenhua dan Oscar dibayar £400,000 per pekan oleh Shanghai SIPG.

Ketika pajak Ronaldo dipertanyakan akhir tahun lalu, perusahaan manajemennya merilis dokumen menunjukkan pendapatan di bawah £20 juta di Spanyol. Itu sejalan dengan spekulasi gaji sebesar £365,000 per pekan, yang jika ditotal nyaris £19 juta selama 12 bulan.


Sponsor apa saja yang bekerja sama dengan Ronaldo?


Cristiano Ronaldo Real Madrid

Sponsor Ronaldo paling signifikan adalah dengan Nike, yang diperbarui nyaris berbarengan dengan perpanjangan kontraknya dengan Madrid tahun lalu.

Kerja sama terakhir disebut-sebut menjadi kontrak ‘seumur hidup’ kedua yang diberikan oleh Nike setelah sebelumnya mereka telah mengikat juara NBA tiga kali James dengan kontrak yang mirip. Kontrak Nike dengan ikon Cleveland Cavaliers itu diyakini mencapai $1 milyar, meski berapa rincian per tahun dirahasiakan.

Dengan demikian, banyak yang berasumsi Ronaldo juga mendapatkan bayaran yang mirip. Meski angka itu tampak luar biasa, layak untuk disebutkan bahwa analis sponsor Hookit memperkirakan kehadiran Ronaldo di sosial media saja sudah memiliki nilai $474 juta untuk Nike pada 2016.

Selain Nike, Ronaldo juga menjalin kerja sama dengan sponsor besar seperti Armani, Tag Heuer, hingga Castrol.


Bisnis apa yang dimiliki Ronaldo?


Cristiano Ronaldo Real Madrid

Selain menjadi wakil dari beberapa merek ternama, Ronaldo juga menciptakan mereknya sendiri, terinspirasi citranya sebagai CR7. Awalnya terpusat pada pakaian dalam tetapi kemudian berevolusi menjadi berbagai pakaian, produk rumah tangga dan lain-lain.

BERITA MADRID – Batman Hadiri Perayaan Bandara Cristiano Ronaldo

Tambahan lain, Ronaldo memiliki dua hotel – bernama Pestana CR7 – di Portugal: satu di ibukota, Lisabon, dan satunya lagi di Funchal, kota kelahirannya di pulau Madiera. Akhir tahun lalu, dia melebarkan sayap membangun gym bekerja sama dengan perusahaan kesehatan Amerika Serikat, Crunch, dengan tempat pertama akan dibuka di Madrid.

Pemain berusia 32 tahun itu diperkirakan akan terus mengembangkan mereknya saat karirnya semakin dekat dengan garis akhir. Michael Jordan sudah membuktikan, nama pemain terbaik dalam bidang olahraga masih bisa dipertahankan meski telah pensiun.


Amal apa yang dilakukan Ronaldo?


Cristiano Ronaldo Real Madrid

Tidak adil mengatakan Ronaldo berjuang untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk kebaikan – faktanya, pada 2015 ia diakui oleh Dosomething.org sebagai bintang olahraga paling dermawan di dunia.

Situs itu menyatakan Ronaldo menggunakan kepopulerannya untuk mempromosikan berbagai hal termasuk kelaparan, obesitas dan keragaman, selain itu mereka juga menyoroti donasi sebesar $83 ribu untuk fans berusia 10 tahun yang membutuhkan operasi otak dan juga donasi $165 ribu untuk pusat penelitian kanker di Portugal untuk perawatan ibunya.

Setelah final Liga Champions 2016, eks pemain Manchester United itu dikabarkan menginstruksikan agennya, Jorge Mendes, untuk mendonasikan bonus kemenangannya sebesar €600 ribu untuk organisasi non-pemerintah. Ronaldo mendukung organisasi seperti Unicef, World Vision dan Save the Children di masa lalu.

A message of hope to the children affected by the conflict in Syria. @SavetheChildren pic.twitter.com/Zsdvu2nuXd

— Cristiano Ronaldo (@Cristiano) December 23, 2016

Akhir tahun lalu, Ronaldo merekam pesar untuk anak-anak yang menjadi korban konflik di Suriah dan memberi donasi tidak sedikit kepada Save the Children.


Berapa banyak follower sosial media Ronaldo?


Cristiano Ronaldo Portugal

Menurut Hookit, Ronaldo menjadi atlet pertama yang menembus 200 juta follower untuk kombinasi Facebook, Instagram dan Twitter tahun lalu.

Laman Facebooknya menjadi yang paling populer di antara atlet lain di media tersebut. Ronaldo memiliki lebih dari 120 juta like saat tulisan ini diangkat – jauh lebih dari Messi dengan 88 juta dan bahkan lebih jauh lagi dari non-pesepakbola Dwayne Johnson, yang juga dikenal sebagai The Rock, dengan 57 juta.

Sementara di Instagram, Ronaldo juga memimpin di antara bintang olahragawan lain dengan 95 juta followes. Itu membuatnya menempati posisi ketujuh secara umum, di bawah Selena Gomez, Ariana Grande, Taylor Swift, Beyonce, Kim Kardashian dan akun resmi Instagram.


Berapa kekayaan bersih Ronaldo?


Cristiano Ronaldo Real Madrid

Tidak ada yang bisa mengklaim berapa kekayaan Ronaldo kecuali perusahaan manajemennya, tetapi kebanyakan sumber memperkirakan angka antara £200 juta dan £250 juta.

Menurut Forbes, Ronaldo mendapatkan pemasukan lebih banyak dari atlet lain di bumi pada 2016, pada $88 juta (£72 juta), menempati peringkat empat dalam daftar 100 selebritis di bawah musisi Taylor Swift dan One Direction dan penulis James Patterson. Messi menempati posisi delapan pada $81.5 juta (£67 juta), dan King James di urutan 11 dengan $77 juta (£63 juta).

Angka-angka itu diterbitkan di tengah kontroversi tentang pajaknya, sementara itu, terungkap pendapatan lebih dari £190 juta sebelum pajak pada 2015. £20 juta dari itu didapat di Spanyol dan sisanya di luar negara di mana saat ini ia tinggal, dengan perusahaan manajemennya, Gestifute, berbasis di Portugal.