PREVIEW Serie A Italia: AS Roma – Sassuolo

Setelah tersingkir dari Liga Europa, Roma kini siap mencurahkan fokusnya ke kompetisi domestik.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Kendati baru saja menelan pil pahit karena tersisih dari Liga Europa, AS Roma diharapkan bisa langsung menggeber seluruh tenaganya di level domestik agar tidak kembali mengakhiri musim tanpa gelar.

Sejauh ini, Roma memang berada dalam posisi yang tidak menguntungkan untuk mengakhiri dahaga trofi sejak 2008. Mereka sudah terpaut delapan poin dari pemuncak klasemen Serie A Italia Juventus dan juga dalam situasi tertinggal 2-0 dari Lazio di semi-final Coppa Italia. Meski peluang kecil, Roma tidak lantas mengibarkan bendera putih.

Di Serie A, yang tinggal menyisakan sepuluh laga, segalanya masih mungkin terjadi. Oleh karena itu, Roma diharapkan tidak membuang-buang poin ketika menjamu Sassuolo di Stadio Olimpico, Senin (20/3) dini hari WIB.

SIMAK JUGA: Klasemen Serie A

Di tengah kekhawatiran nirgelar tersebut, Luciano Spalletti menilai penampilan Roma sebetulnya tidak ada yang salah. Ketika membekap Olympique Lyon 2-1 dalam leg kedua babak 16 besar Liga Europa tengah pekan lalu, Edin Dzeko dkk. mampu melepas 25 tembakan, yang menjadi catatan terbaik Roma di musim ini. Sayang, Giallorossi tetap tereliminasi karena kalah agregat 5-4.

Menurut Spalletti, performa seperti itu seharusnya layak diganjar tiket perempat-final. “Saya melihat tekad yang kuat dari para pemain setelah menelan kekalahan [4-2 di leg pertama]. Itulah performa yang kami butuhkan. Kami layak lolos, namun hasil akhir adalah perkara lain,” kata Spalletti dalam jumpa pers.

“Barcelona mampu menghajar PSG 6-1 dengan jumlah tembakan yang lebih sedikit ketimbang saat Roma mengalahkan Lyon 2-1. Jadi, saya menilai Roma sudah sangat baik dan semoga kami bisa bermain seperti itu lagi di laga berikut melawan Sassuolo,” imbuh sang pelatih.

Sassuolo Roma Serie ARoma mampu atasi Sassuolo 3-1 di laga pertama.

Spalletti boleh optimistis, namun Sassuolo terbukti menjadi lawan yang sulit ditaklukkan justru ketika bertanding di Olimpico. Ya, sejak promosi ke Serie A, Sassuolo selalu sukses mencuri satu poin di markas Tim Serigala dalam tiga kali kesempatan.

Target itulah yang ingin diwujudkan kembali oleh armada Eusebio Di Francesco pada akhir pekan ini. Namun, kunjungan Sassuolo ke ibu kota Italia tidak dibarengi dengan skuat yang fit. Banyak penggawa pilar Neroverdi seperti Pol Lirola, Luca Antei, Davide Biondini, Francesco Magnanelli, Gregoire Defrel, dan Stefano Sensi bakal menepi akibat cedera.

Badai cedera hingga performa Domenico Berardi cs. yang belakangan ini naik-turun bisa menjadi kesempatan bagi Roma untuk meraih kemenangan kandang perdana atas Sassuolo.

 

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN:

AS Roma (3-4-2-1): Szczesny; Manolas, Fazio, Rudiger; B. Peres, Strootman, De Rossi, Emerson; Nainggolan, Salah; Dzeko

Sassuolo (4-3-3): Consigli; Gazzola, Acerbi, Cannavaro, Peluso; Pellegrini, Aquilani, Duncan; Berardi, Matri, Politano

 

TAHUKAH ANDA?

  • Roma tidak terkalahkan dalam tujuh partai Serie A terakhir kontra Sassuolo. Menariknya, Roma tak pernah mampu mengalahkan Sassuolo di Olimpico, dengan hanya tiga kali bermain seri.
  • Roma mampu mencetak 15 gol dalam tujuh laga kontra Sassuolo tersebut, alias 2,1 gol per partai.
  • Sebelum dibekap Napoli di Olimpico dua pekan lalu, Roma tak terkalahkan dalam 24 partai kandang di Serie A. 15 di antaranya berupa kemenangan beruntun, rekor terbaik yang pernah dicatatkan Roma.
  • Sassuolo gagal mencetak gol dalam tiga partai Serie A terakhir. Namun, Sassuolo tidak terkalahkan dalam empat partai tandang terakhir, dengan memetik tiga kemenangan dan sekali imbang.  

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: AS Roma 2-0 Sassuolo