PREVIEW Liga Europa: FC Rostov – Manchester United

United memiliki catatan bagus dengan mereka tidak pernah kalah dalam empat lawatan terakhirnya ke Rusia di kompetisi Eropa.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Manchester United akan melanjutkan perjuangannya di Liga Europa musim ini dengan melawat ke markas FC Rostov untuk babak 16 besar Liga Europa, Jumat (10/3) dini hari WIB.

United menjelang duel ini setelah diimbangi AFC Bournemouth 1-1 di ajang Liga Primer Inggris pada akhir pekan kemarin, sementara Rostov – yang menempati urutan ketujuh di Liga Primer Rusia – justru membantai tuan rumah Tom’ Tomsk dengan skor 6-0.

Adapun dalam empat lawatan terakhirnya ke Rusia di kompetisi Eropa, United tidak pernah menelan kekalahan. Dan mengingat timnya sudah sampai babak ini, manajer Jose Mourinho melihat Liga Europa sebagai salah satu target realistis bagi timnya.

“Liga Europa itu sangat sulit namun ini adalah target bagi kami dan jika kami mengalahkan Rostov dan lolos ke perempat-final, kemudian kami harus memikirkan Liga Europa dengan sangat serius karena untuk saat ini kami masih di babak 16 besar,” kata Mourinho. 

SIMAK JUGA: Pelatih FC Rostov Peringatkan Manchester United Soal Kondisi Lapangan

“[Dengan] kami berada di babak 16 besar, final tersebut masih jauh namun ketika tim ini lolos ke delapan besar, dan Anda mendapati undian perempat-final, kemudian Anda bisa mencium final,” imbuhnya.

Sementara dari kubu tuan rumah, pelatih Ivan Daniliants mengaku tak sabar untuk bertemu tim sekelas United yang dianggapnya ada di level lain.

“Kami sudah menetapkan prioritas – kami mempersiapkan diri menghadapi pertandingan ini, yang mana mempertemukan kami dengan tim yang berada di level lebih tinggi,” kata Daniliants kepada laman resmi klub.

“Untuk pertemuan nanti, kami tidak boleh terlalu percaya diri. Kami akan menghadapi tim dari Inggris, dan mereka ada di level lain. Melawan mereka adalah sebuah kehormatan dan menjadi kebangaan tersendiri, dan ini dibutuhkan kemampuan serta tanggung jawab.

“Kami harap bisa berada dalam kondisi fisik dan mental yang optimal untuk pertemuan nanti.”

Untuk duel ini, United dipastikan tidak menyertakan Wayne Rooney, Luke Shaw dan Bastian Schweinsteiger yang ditinggal di Manchester, sementara bek Eric Bailly terpaksa absen karena suspensi.

Dari kubu Rostov, mereka kemungkinan belum bisa mengandalkan kiper utama Soslan Dzhanaev yang mengalami cedera dan tidak lagi bermain sejak Desember kemarin.

 

Prakiraan Pemain

FC Rostov (3-5-2): Medvedev; Mevlja, Navas, Granat; Kalachev, Erokhin, Gatcan, Noboa, Kudryashov; Bukharov, Azmoun.

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Valencia, Jones, Smalling, Blind; Herrera, Carrick; Mata, Pogba, Rashford; Ibrahimovic.

 

TAHUKAH ANDA?

  • Manchester United tidak pernah kalah dalam empat lawatan terakhirnya melawan klub Rusia di kompetisi Eropa (M1 I3 K0), selagi mereka juga memenangkan final Liga Champions 2008 lewat adu penalti melawan Chelsea di Moskwa.
  • Sejak awal musim 2015/16, klub-klub Rusia telah menghadapi wakil Inggris sebanyak enam kali di kompetisi Eropa dan tidak pernah menang (M0 I2 K4).
  • Rostov memainkan babak sistem gugur kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.
  • Rostov baru kalah tiga kali dari 13 pertandingan terakhirnya di kompetisi Eropa (termasuk kualifikasi M4 I6).
  • Rostov tidak terkalahkan dalam empat pertandingannya di Eropa, yang menjadi laju terbaik mereka (tidak termasuk kualifikasi).
  • Dmitri Poloz terlibat dalam penciptaan tujuh gol dari 11 gol terakhir yang dicetak Rostov di kompetisi Eropa (5 gol, 2 assists).
  • Di putaran terakhir, Rostov mencatatkan kemenangan terbesar mereka di Eropa, mengalahkan Sparta Praha 4-0 di leg pertama.
  • Pasukan Jose Mourinho tidak terkalahkan dalam 15 laga kandang terakhirnya di kompetisi Eropa (termasuk kualifikasi, M12 I3).
  • Dari tim-tim yang bermain sejak babak grup di musim Liga Europa 2016/17, United memiliki rasio tertinggi untuk penguasaan bola (62,4%).
  • Penyerang United Zlatan Ibrahimovic mencetak lima gol dari sembilan tendangan ke gawangnya di Liga Europa musim ini.
  • Tidak ada tim selain United yang mencatatkan clean sheet lebih banyak di Liga Europa musim ini (5).