PREVIEW Liga Champions: AS Monaco – Manchester City

The Citizens harus tetap fokus saat bertandang ke markas Monaco apabila tak ingin keunggulan agregat 5-3 yang mereka miliki kolaps.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


AS Monaco dan Manchester City akan kembali berhadapan dalam duel leg kedua babak 16 besar Liga Champions musim ini di Stade Louis II, Kamis (16/3) dini hari WIB.

The Citizens bertandang ke markas Monaco dengan bekal kemenangan 5-3 yang mereka bukukan di leg pertama di Etihad Stadium, yang merupakan salah satu hasil bersejarah dalam turnamen.

Laga menghadapi Monaco bakal menjadi ujian sulit bagi City mengingat tuan rumah belum pernah kalah di kandang sendiri dalam lima partai terakhir, selain itu Monaco juga pernah dua kali membalikkan defisit ketertinggalan satu leg.

Tren positif anak asuh Leonardo Jardim di pentas Ligue 1 Prancis sejauh ini juga menjadi momok tersendiri dengan menguasai puncak klasemen sementara dan memiliki produktivitas tinggi dengan catatan 84 gol.

Bek andalan Monaco, Kamil Glik dipastikan absen lantaran harus menjalani hukuman akumulasi kartu. Selebihnya, Jardim bisa memainkan para penggawa andalannya termasuk Radamel Falcao yang bersinar dengan sepasang golnya di leg pertama.

Radamel Falcao Monaco vs Manchester City 21022017

“Saya pikir kedua tim akan bermain menyerang. Kami harus melakuaknnya karena kami membutuhkan dua gol untuk bisa lolos. Kualitas individu Manchester City sangat berbahaya, mereka bisa mencetak gol kapan pun. Setidaknya kami butuh tiga gol untuk langkah aman lolos,” tutur Jardim.

Sementara itu di sisi lain, meski sudah menggenggam kemenangan krusial di leg pertama, Pep Guardiola tetap harus melakukan persiapan ekstra lantaran rekor tandang City dalam tiga partai Liga Champions terkahir tak pernah berakhir dengan kemenangan.

Namun setidaknya catatan negatif tersebut tertutup oleh performa gemilang The Citizens dalam 11 pertandingan terakhir, dengan sama sekali belum tersentuh kekalahan. Hasil buruk terakhir terjadi pada 15 Januari lalu saat dihajar Everton 4-0.

Dalam lawatan ke Prancis, Pep Guardiola bisa menurunkan seluruh penggawa terbaiknya minus Gabriel Jesus yang mengalami cedera panjang. Ketajaman trio Sergio Aguero, Raheem Sterling dan Leroy Sane bakal kembali diandalkan untuk mendobrak pertahanan Monaco sama seperti di leg pertama.

“Saya merasa apabila tak mencetak gol, maka kami akan tersingkir. Akan menjadi sebuah kesalahan apabila kami memikirkan apa yang sudah dilakukan dan mengabaikan pekerjaan yang akan dihadapi. Cara terbaik [untuk mempertahankan keunggulan] adalah mencetak gol,” ujar Guardiola.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Monaco (4-4-2): Subašić; Sidibé, Raggi, Jemerson, Mendy; Silva, Bakayoko, Fabinho, Lemar; Mbappé, Falcao.

Manchester City (4-1-4-1): Caballero; Sagna, Stones, Otamendi, Clichy; Fernandinho; Sterling, De Bruyne, Silva, Sané; Agüero.

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Monaco 2-2 Manchester City.