PREVIEW Kualifikasi Piala Dunia 2018: Azerbaijan – Jerman

Setelah melepas kepergian Lukas Podolski, Jerman bakal bertandang ke Baku dengan ambisi mempercepat kelolosan mereka ke Rusia.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Jerman bertekad untuk terus menekan pedal gas ketika menghadapi tuan rumah Azerbaijan di Baku, Minggu (26/3) malam WIB, dalam partai lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Di atas kertas, tiga poin menjadi target yang tidak terlalu sulit mengingat Jerman sedang dalam situasi positif. Mereka menguasai Grup C dengan catatan sempurna (12 poin) dan unggul lima poin dari pesaing terdekat Irlandia Utara.

Terlebih, gawang Der Panzer masih perawan sejak dibobol Prancis di semi-final Euro 2016. Di laga terakhir melawan Inggris — yang menjadi ajang perpisahan bagi Lukas Podolski — Jerman menang 1-0 sekaligus mencatatkan tujuh clean sheet beruntun. Kemenangan atas Azerbaijan bukan cuma akan mendekatkan Jerman ke Rusia, namun juga bakal memuaskan hati pelatih Joachim Low.

SIMAK JUGA: Klasemen PPD 2018 Zona Eropa

Ya, sejak awal Low menekankan pentingnya mengamankan tiket kelolosan ke Rusia secepat mungkin. Bahkan, pesawat yang membawa Thomas Muller dkk. dari Dusseldorf ke Baku diberi nama “Siegen” alias “menang”. “Saya yakin kami bisa meneruskan rentetan kemenangan ini,” kata Low dalam jumpa pers.

Melawan Azerbaijan, Low diprediksi akan menurunkan kekuatan penuh setelah melakukan eksperimen kontra Inggris. Meski demikian, Mesut Ozil masih diragukan tampil. Adapun kiper andalan Manuel Neuer dan striker muda Timo Werner tidak diikutsertakan karena cedera. Beruntung, penggawa senior seperti Sami Khedira, Julian Draxler, dan Mario Gomez sudah fit dan siap bermain.

“Saya percaya penuh dengan para pemain. Kami akan menemukan solusi yang tepat dan akan memenangkan laga ini. Tetapi laga di Baku ini tidak mudah. Di kandang, Azerbaijan mampu mengalahkan Norwegia. Jadi kami sudah mendapat peringatan,” kata Low.

Robert Prosinecki Azerbaijan Prosinecki yakin timnya mampu kejutkan Jerman.

Sementara itu, Azerbaijan terus bangkit bersama eks bintang internasional Kroasia, Robert Prosinecki, yang duduk di kursi pelatih. Prosinecki menggantikan Berti Vogts pada 2014 lalu dan sukses mengangkat ranking FIFA Azerbaijan dari posisi 126 (Oktober 2014) ke 89 (Februari 2017).

Meski Azerbaijan masih terpaut 86 tingkat dari Jerman, Prosinecki enggan merasa rendah diri kepada tamunya itu. “Kami tidak ingin bertahan melawan Jerman. Kami adalah tim yang siap mengejutkan tim mana pun,” kata mantan gelandang Real Madrid dan Barcelona ini.

Prosinecki juga optimistis, kualifikasi ini menjadi kesempatan nyata bagi Azerbaijan untuk lolos pertama kali ke Piala Dunia. Azerbaijan saat ini duduk di peringkat ketiga Grup C dengan koleksi poin setara Irlandia Utara di posisi kedua. Artinya, Azerbaijan masih punya potensi lolos lewat jalur play-off.

 

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Azerbaijan (4-5-1) : Agayev; Medvedev, Sadygov, Guseynov, Mirzabekov; Izmailov, Mammadov, Garayev, Amirguliyev, Huseynov; Ramazanov.

Jerman (4-2-3-1) : Ter Stegen; Kimmich, Howedes, Hummels, Hector; Kroos, Khedira; Sane, Muller, Draxler; Gomez.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Azerbaijan 0-2 Jerman