PREVIEW Bundesliga Jerman: Hertha Berlin – Borussia Dortmund

Duel sulit akan dijalani Borussia Dortmund yang diharuskan bertandang ke Olympiastadion, markas Hertha Berlin.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Borussia Dortmund bakal menghadapi ujian berat dengan bertandang ke Olympiastadion markas Hertha Berlin, pada spieltag 24 Bundesliga Jerman, Sabtu (11/3) malam WIB.

Dortmund memang unggul nama besar, kualitas skuat, dan peringkat di klasemen sementara. Namun Hertha yang tak pernah menang atas mereka dalam enam pertemuan terakhir, bagai tabu tersendiri di musim ini.

Hal itu tampak jelas dengan kegagalan Dortmund mengalahkan Hertha dari dua pertemuan terdahulu musim ini. Hasilnya identik, dengan imbang 1-1, termasuk di ajang DFB-Pokal Jerman lalu di mana Die Borussen harus susah payah lolos lewat babak adu penalti.

Namun momentumnya tepat untuk Dortmund. Tim asuhan Thomas Tuchel ini sedang dalam performa puncak, dengan selalu menang dalam empat laga terakhir di semua ajang, termasuk Liga Champions. Tak hanya menang, karena mereka juga torehkan 13 gol tanpa pernah kebobolan.

Selain itu ujung tombak Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, terus konsisten mempertahankan ketajamannya. Kapten timnas Gabon itu berhasil torehkan tujuh gol dalam tiga laga terakhir. Karenanya tak heran jika dia kembali memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Bundesliga musim ini, lewat koleksi 21 gol.

Aubameyang sedang tajam-tajamnya

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Hertha Berlin Kontra Borussia Dortmund

Skema baru Dortmund lewat ramuan 3-4-3 berperan besar atas kembalinya performa puncak Aubameyang. Dua winger muda, Ousmane Dembele dan Mario Pasalic, juga semakin matang untuk memudahkan kinerja sang bomber hasilkan gol.

Walau begitu Hertha bukan berarti tak bisa optimistis. Faktor bermain di Olympiastadion, menjadi keuntungan besar buat Tim Ibu Kota. Karena faktanya tim asuhan Pal Dardai itu merupakan tim dengan statistik kandang terbaik di Bundesliga musim ini.

Hertha merupakan tim dengan perolehan poin terbanyak di kandang, dengan koleksi 28 poin. Selain itu bersama Bayern Munich, mereka juga baru kebobolan lima gol jika bermain di kandang, yang merupakan statistik terbaik di kompetisi musim ini.

Sayangnya Hertha urung tampil dengan kekuatan penuh, karena empat pilarnya alami cedera. Terutama tandem sehati Vedad Ibisevic yang juga eks Dortmund, Julian Schieber. Selain itu absennya Fabian Lustenberger, juga bisa melonggarkan benteng kukuh Die Alte Dame di lini pertahanan.

Kondisi itu mengancam, tapi dengan segala kualitas dan dukungan heroik publik Olympiastadion, Hertha punya potensi petik poin dari Dortmund.

Hertha Berlin (4-2-3-1): Jarstein; Pekarik, Langkamp, Brooks, Plattenhardt; Skjelbred, Stark; Haraguchi, Darida, Kalou; Ibisevic.

Borussia Dortmund (3-4-2-1): Burki; Piszczek, Sokratis, Bartra; Durm, Castro, Weigl, Schmelzer; Dembele, Pulisic; Aubameyang.

Prediksi Goal Indonesia: Hertha 1-1 Dortmund

TAHUKAH ANDA

  • Ini akan jadi pertemuan ketiga Hertha dan Dortmund musim ini. Pada dua pertemuan sebelumnya, kedua tim meraih hasil identik imbang 1-1 (dengan Dortmund menang di pertemuan terakhir lewat adu penalti dalam ajang DFB-Pokal).
  • Hertha tak pernah menang dalam enam bentrok terakhirnya hadapi Dortmund (3 imbang, 3 kalah). Kemenangan terakhir mereka terjadi pada Desember 2014 lalu, lewat skor 1-0.
  • Hertha adalah tim dengan performa terbaik di partai kandang pada Bundesliha musim ini. Mereka unggul 19 poin dari performa tandang, yang jadi jarak terbesar di kompetisi musim ini.
  • Hertha baru kebobolan lima gol di kandang, yang jadi catatan terbaik di Bundesliga musim ini (sama dengan Bayern). Namun Dortmund merupakan tim paling subur di partai tandang, lewat koleksi 24 gol.
  • Dortmund mencetak minimal tiga gol dari tiga spieltag terakhir. Mereka juga torehkan lima clean sheet dari enam spieltag terakhir.