Perjalanan Barcelona Ke Babak 16 Besar Liga Champions

Jelang pertemuan Barcelona dengan PSG di leg kedua 16 besar Liga Champions, mari kita tengok kembali perjalanan Blaugrana di kancah termasyhur Eropa sejauh ini.


OLEH    TEGAR PARAMARTHA     Ikuti di twitter


Liga Champions UEFA telah mulai menginjak babak krusial, fase gugur. Tiada ruang untuk kesalahan, tak boleh ada lagi keteledoran. Menjelang bergulirnya  leg  kedua putaran 16 besar, mari kita menengok kembali perjalanan Barcelona melewati fase grup dan mengulas kans mereka untuk mencapai perempat-final.


PERJALANAN SEJAUH INI


Leo Messi, Neymar, Celtic - Barcelona, 23112016

Barca melaju dari babak grup dengan nyaman, salah satu kerikil datang di markas Manchester City ketika mereka membuang keunggulan 3-1 atas mantan pelatih Pep Guardiola. Mereka mengawali turnamen dengan pesta gol tujuh gol tanpa balas atas Celtic di Camp Nou dan kemudian memenangkan lima dari enam pertandingan, mencetak 20 gol.


MOMEN TERBAIK


Lionel Messi Barcelona Manchester City Champions League

Pep pulang ke Camp Nou dengan harapan revolusi Manchester City, tetapi klubnya malah dibantai. Lionel Messi mencetak hat-trick untuk membawa Blaugrana meraih kemenangan dengan skor empat gol tanpa balas. Dengan 11 gol dalam dua pertandingan pembuka babak grup, Barca membuktikan mereka masih salah satu yang terbaik.


TANTANGAN TERBESAR


Sergio Aguero Manchester City Barcelona Champions League

Man City adalah tantangan terbesar Barcelona di babak grup. Kekalahan 3-1 di Manchester membuat Luis Enrique heran, tetapi lolos dengan mudah ke fase gugur menandakan tantangan sejati Blaugrana di UCL masih belum tiba. Musim lalu, mereka terhempas oleh Atletico Madrid di perempat-final, dan tahun ini mereka harus kembali menunjukkan kualitas sempurna di babak gugur.


PEMAIN BINTANG


Lionel Messi Barcelona Manchester City Champions League

Lionel Messi mencetak 10 gol dalam babak grup, membuat dirinya nyaman duduk di puncak top skor dengan keunggulan empat gol. Pemain asal Argentina ini telah membukukan 93 gol sepanjang karirnya di UCL (tertinggal dua gol dari top skor sepanjang masa Cristiano Ronaldo) dan dengan Neymar plus Luis Suarez membentuk MSN, kualitas Messi semakin terasah.


KANS KELOLOSAN


Sergio Busquets Lionel Messi Andres Iniesta Luis Suarez Barcelona PSG Champions League

Barca bertemu PSG di fase gugur untuk ketiga kalinya dalam lima musim, dan menghadapi tantangan berat meski klub asuhan Unai Emery menjalani performa naik turun. Blaugrana memiliki rekor bagus menghadapi lawan dari Prancis, menang 12 kali dan imbang empat kali dalam 21 laga, jelas mereka diunggulkan, tetapi kekalahan telak 4-0 di Parc des Princes bulan lalu pada leg pertama berpeluang besar akan mengakhiri musim Barca di UCL tahun ini.

Lihat lebih banyak lagi konten Liga Champions UEFA Nissan di Goal.com