Pep Guardiola: Xabi Alonso Gelandang Terbaik Yang Pernah Ada

Xabi Alonso menerima banyak penghormatan setelah mengumumkan akan pensiun, termasuk dari Pep Guardiola.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Pep Guardiola mendeskripsikan Xabi Alonso sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah ia lihat, hal itu ia sampaikan setelah gelandang Bayern Munich itu mengumumkan akan gantung sepatu akhir musim ini.

Gelandang berusia 35 tahun itu akan mengakhiri karirnya di penghujung musim ini, ia telah mengumumkannya pada Kamis (9/3).

Manajer Manchester City Guardiola adalah orang yang merekrut Xabi Alonso ke Bayern pada 2014. Ia pernah dua musim melatih mantan bintang Liverpool dan Real Madrid tersebut sebelum pindah ke Inggris.

SIMAK JUGA: Xabi Alonso Gantung Sepatu Akhir Musim Ini

Guardiola tak ragu menyebut Alonso sebagai pemain yang hebat dan menurutnya pemain yang pernah meraih juara Piala Dunia bersama Spanyol itu akan menjadi pelatih setelah pensiun sebagai pemain.

“Kami sempat menjadi rival, rival sengit ketika ia bermain untuk Real Madrid,” ujar Guardiola jelang laga City kontra Middlesbrough dalam babak perempat-final Piala FA yang akan berlangsung Sabtu (11/3), seperti dikutip dari Goal Internasional.

“Dia adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya.”

“Dia akan segera kembali sebagai seorang pelatih. Saya kira kapanpun dia mau, dia akan menjadi pelatih yang bagus.”

SIMAK JUGA: Epilog Anggun Senor Xabi Alonso

“Dia memahami tentang pertandingan dan sangat ingin memahami lebih dalam tentang jalannya pertandingan. Dalam sepekan dia akan mengetahui apa yang harus kami lakukan untuk memenangkan laga selanjutnya. Dia telah memiliki rasa ingin tahu yang besar.”

“Saya senagn bekerja dengan orang-orang seperti itu. Biasanya itu terjadi pada para gelandang – di Barcelona dengan Javier Mascherano, Sergio Busquets, dan di sini [City] dengan David Silva dan Fernandinho.”

“Mereka terlibat dalam menentukan apa yang akan Anda lakukan dan mengapa melakukan hal tersebut. Hal yang luar biasa sebagai pelatih bisa memiliki tipe pemain seperti itu.”