Luis Enrique Tinggalkan Barcelona Akhir Musim Ini

Pengumuman tersebut disampaikan Enrique setelah Barcelona menghantam Sporting Gijon 6-1 dalam lanjutan La Liga.


OLEH DEWI AGRENIAWATI


Entrenador Barcelona Luis Enrique telah mengonfirmasi akan mundur dari jabatannya di akhir musim ini.

Pelatih 46 tahun tersebut, yang menjalani musim ketiga di Barca, mengumumkan rencana tersebut setelah kemenangan 6-1 atas Sporting Gijon. 

Luis Enrique memenangkan Liga Champions sebagai bagian dari treble winners yang diraih Barcelona di musim pertamanya melatih. Di musim lalu, Blaugrana mengepak gelar ganda domestik, La Liga dan Copa del Rey. 

Kali ini, Lionel Messi dkk terancam angkat koper lebih diri dari Liga Champions setelah kalah 4-0 dari Paris Saint-Germain di leg pertama babak 16 besar. 

SIMAK JUGA: Koeman Enggan Bahas Kontrak Baru Di Everton

“Saya ingin mengumumkan kepada semua orang, saya tak akan lanjut di Barcelona tahun depan. Ini adalah keputusan sulit, namun telah dipikirkan dengan baik dan saya pikir saya harus loyal dengan apa yang saya pikirkan,” kata Enrique, dikutip BBC

“Saya perlu istirahat. Itulah alasan utama saya tidak akan melanjut.

“Saya ingin berterima kasih kepada klub untuk kepercayaan yang mereka berikan kepada saya. Ini tiga tahun yang tak terlupakan.” 

Mantan gelandang Spanyol ini bermain untuk Barcelona antara 1996 dan 2004, ketika ia pensiun dari karier sebagai pelatih. Ia kemudian melatih tim B dari 2008 dan 2011, lalu kembali menukangi tim utama setelah sempat mengarsiteki AS Roma dan Celta Vigo.