Laporan Pertandingan: Napoli 1-3 Real Madrid

Mertens sempat membawa raksasa Serie A unggul sebelum akhirnya Los Blancos bangkit di babak kedua dan membalikkan keadaan melalui aksi Ramos dan Morata.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Real Madrid sukses meraih kemenangan 3-1 atas Napoli dalam duel leg kedua babak 16 besar Liga Champions musim ini di San Paolo, Rabu (8/3) dini hari WIB. Kemenangan tersebut memantapkan langkah Madrid lolos ke perempat-final dengan agregat 6-2.

Tertinggal dua gol agregat, Napoli yang berlaga di hadapan publik sendiri langsung berusaha menghadirkan gebrakan di awal laga dengan salah satunya menguasai jalannya permainan dan lebih mendikte permainan kontra juara bertahan turnamen.

Madrid mendapat kans matang pada menit ke-15, hanya saja tembakan Toni Kroos lemah. Konsistensi taktik serangan Napoli membuahkan hasil pada menit ke-24, tembakan kaki kiri Dries Mertens yang meneruskan umpan Marek Hamsik membobol gawang Madrid.

Empat menit berselang, Cristiano Ronaldo punya kesempatan untuk menyamakan skor apabila eksekusinya tak membentur tiang gawang. Begitu juga degan Napoli pada menit ke-37 kala aksi Mertens juga digagalkan oleh tiang gawang.

Sergio Ramos Napoli Real Madrid

Di babak kedua Madrid mencoba untuk mengambil alih kendali permainan dan berusaha meingkatkan intensias serangan. Momentum pertama datang pada menit ke-51, akan tetapi tembakan keras Karim Benzema masih melebar.

Semenit berikutnya peruntungan anak asuh Zinedine Zidane berubah selepas sukses memaksimalkan situasi sepak pojok. Bola yang dikirim Kroos disambut Sergio Ramos dengan tandukan tajamnya yang tak kuasa dimentahkan Reina.

Momentum positif tersebut dilanjutkan Madrid dengan membalikkan kedudukan pada menit ke-57. Dengan skema serupa melalui situasi tendangan sudut, Ramos menyambut umpan Kroos dan bola sempat membentur Mertens sebelum masuk ke gawang Napoli.

Sejumlah pergantian tak memengaruhi corak permainan Madrid dan bahkan nyaris memperbesar keunggulan delapan menit jelang waktu normal berakhir, sayang aksi Dani Carvajal di dalam kotak penalti Napoli diakhiri dengan tembakan yang melambung.

Napoli berusaha keras untuk mengejar ketertinggalan mereka dalam sisa waktu babak kedua. Hanya saja, justru Madrid mampu untuk menambah gol dalam masa tambahan waktu melalui pemain pengganti, Alvaro Morata yang memanfaatkan bola hasil halauan Reina.